Home » News » Kudeta Dibuka Oleh Petinggi Militer Thailand

Kudeta Dibuka Oleh Petinggi Militer Thailand



Bangkok โ€“ Tidak dipungkiri bahwa untuk saat ini memang keadaan politik yang ada di Thailand masih memanas. Hal ini dikarenakan adanya potensi kudeta militer yang saat ini masih terus berkembang. Karena sudah hampir dua bulan lamanya Thailand sedang mengalami krisis politik yang terus berkepanjangan.

Kudeta Dibuka Oleh Petinggi Militer Thailand

(Foto:AP)

Terlebih lagi kini, aksi perlawanan yang ditujukan kepada Perdana Menteri (PM) Yingluck Shinawatra ini saat ini sudah berubah menjadi sebuah aksi kekerasan yang menelan banyak korban jiwa dan juga korban luka.

Dengan kondisi ini, Kepala Militer Thailand Jenderal Prayuth Chan Ocha mengharapkan agar para pihak yang sedang bertikai untuk dapat menahan diri. Sayangnya dalam pernyataannya secara implicit justru Jenderal Prayuth memberikan peluang adanya kudeta militer.

Seperti yang dilansir dari Al Jazeera, Sabtu (28/12/2013), Prayuth mengungkapkan bahwa untuk saat ini memang kondisinya pintunya sama yaitu tidak tertutup ataupun tidak terbuka. Dengan demikian hal ini sangat ditentukan dengan keadaan yang terjadi saat ini.

Bahkan Prayuth juga menegaskan bahwa sebenarnya pihak militer tidak memihak manapun, sehingga jangan sampai militer dibawa-bawa dalam konflik yang saat ini berkembang. Memang sebelumnya, para pendemo anti pemerintahan memberikan tuntutan agar pihak militer memberikan dukungan atas aksi demonya.

Sayangnya pihak militer Thailand dengan tegas menolak permintan dari para pendemo dan menyatakan tidak akan berpihak ke mana pun. Untuk diketahui bahwa dalam sejarah didalam Negeri Gajah Putih memang pihak militer Thailand sudah melakukan 11 kali kudeta. Dimana yang terakhir adalah pada tujuh tahun lalu, dimana kudeta militer berhasil menlengserkan PM Thaksin Shinawatra. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)