Home » News » PM Turki Dituntut Segera Mundur

PM Turki Dituntut Segera Mundur



Ankara โ€“ Tidak dipungkiri bahwa dengan adanya skandal korupsi yang dialami oleh kabinet Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, membuat kehidupan politik yang ada di Turki menjadi semakin memanas.

PM Turki Dituntut Segera Mundur

Bahkan puluhan ribu warga melakukan aksi demo tepatnya di Kota Istanbul menginginkan agar Erdogan segera mundur dari jabatannya. Pada minggu lalu saja tercatat ada sekitar 24 orang yang ditahan karena tersangkut dalam operasi anti-korupsi yang dilaksanakan oleh pihak Kepolisian Turki.

Dimana tiga tahanan diantaranya adalah putra dari anggota kabinet bentukan Erdogan. Sayangnya bukan memberikan dukungan kepada pihak kepolisian, justru Erdogan memecat para petugas yang telah melaksanakan aksi penangkapan tersebut.

Hal ini dikarenakan Erdogan merasa bahwa operasi anti korupsi yang dilakukan oleh pihak kepolisian tersebut memiliki nuansa politik yang kental. Walaupun demikian aksi protes yang bertempat di Lapangan Kadikoy di pusat Istanbul terus dilakukan dengan menyerukan yel-yel anti terhadap Erdogan.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Selasa (24/12/2013), seorang demonstran, Pelin Demirci mengungkapkan bahwa sebenarnya para koruptor tersebut tidak terus dibiarkan untuk menjalankan pemerintahan di Turki. Diharapkan nantinya di posisi pemerintahan bersih dari para koruptor.

Memang tidak dipungkiri bahwa aksi protes atas demostrasi anti Erdogan telah berlangsung sejak awal tahun lalu. Dimana pada saat itu, aksi protes secara besar-besaran berlangsung di Istanbul dikarenakan kala itu Erdogan melakukan penggusuran sebuah taman yang ada di pusat kota tanpa adanya konfirmasi terlebih dahulu. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)