Home » News » PBB Diharapkan Mengirimkan 5.500 Pasukan Perdamaiannya ke Sudan Selatan

PBB Diharapkan Mengirimkan 5.500 Pasukan Perdamaiannya ke Sudan Selatan



Juba โ€“ Dengan adanya perselisihan yang ada di Sudan Selatan, pihak Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon mengharapkan agar Dewan Keamanan PBB segera mengirimkan pasukan perdamainnya sejumlah 5.500 pasukan.

PBB Diharapkan Mengirimkan 5.500 Pasukan Perdamaiannya ke Sudan Selatan

Menurut Ban saat ini keberadaan dari pasukan perdamaian sangat dibutuhkan di Sudan Selatan dikarenakan konflik semakin melebar. Sebagaimana yang diketahui bahwa sudah hampir lebih dari sepekan, PBB mencatat ada sekitar 500 orang yang meninggal dikarenakan pertempuran diantara pasukan pemerintahan dan juga pihak pemberontak.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Selasa (24/12/2013), dalam surat tertulisnya kepada Dewan Keamanan PBB, Ban berharap agar Dewan Keamanan PBB dapat segera memberikan tambahan personil untuk wilayah Sudan Selatan yang saat ini genting kondisinya.

Terkait permintaan Ban tersebut, pihak Dewan Keamanan PBB memberikan respon positif dan menyatakan bahwa pihaknya akan mengambil keputusan atas permintaan tersebut.

Diungkapkan oleh Duta Besar Inggris untuk PBB Mark Lyall Grant, bahwa saat ini memang situasi yang ada di Sudan Selatan sangat genting, sehingga Dewan Keamanan PBB harus segera untuk melakukan pengambilan keputusan.

Memang untuk saat ini, konflik yang terjadi di Sudan Selatan sudah berkembang menjadi konflik sektarian. Hal ini dikarenakan Presiden Sudan Selatan, Salva Kir telah mendapatkan dukungan dari etnis Dinka sedangkan Riek Machar, pimpinan oposisi telah mendapatkan dukungan dari etnis Nuer.

Menang Sudan Selatan tergolong Negara termuda yang ada di dunia. Dimana sebelumnya Sudan Selatan telah memisahkan diri pada tahun 2011 lalu dari Sudan lewat referendum. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)