Home » Sport » Wasit PD 2014 Akan Dilengkapi Vanishing

Wasit PD 2014 Akan Dilengkapi Vanishing



Maroko – Pada pagelaran akbar Piala Dunia 2014 di Brasil, FIFA telah memastikan penggunaan teknologi garis gawang dimana fungsinya sebagai pemerjelas apakah tendangan ke arah gawang telah melewati batas penentuan dan dinyatakan gol atau justru malah sebaliknya. Kehadirannya diharapkan bisa memperkecil peluang terjadinya kesalahan keputusan wasit.

Wasit PD 2014 Akan Dilengkapi Vanishing

Penggunaan Vanishing

Sebagaimana diketahui, meskipun bukan yang pertama, namun sangat terngiang diingatan, pada tahun 2010 lalu diajangan empat tahunan Piala Dunia saat digelar di Afrika Selatan ketika timnas Panser Jerman menghadapi skuad tim nasional Inggris, sang wasit pemimpin pertandingan membuat keputusan kurang tepat dengan menganulir gol Lampard dimana sejatinya berbuah gol.

Terlepas dari itu semua, FIFA dinyatakan siap menerapkan penggunaan peralatan tambahan berupa penyemprot vanishing guna dijadikan tanda yang nantinya berfungsi sebagai penanda seorang wasit didalam menentukan titik ketika pemain akan melakukan tendangan bebas setelah sebuah tim mendapat pelanggaran dari tim lawan bermainnya pada ajang pagelaran Piala Dunia di Brasil.

Dilansir dari InsideWorldFootball, Senin (23/12/2013), Presiden FIFA Sepp Blater memberi konfirmasi atas hal itu dengan mengatakan, “Saya pikir itu solusi yang sangat baik. Beberapa mengatakan tidak memakan terlalu banyak waktu, dan saya juga cukup skeptis di awal tapi, semua wasit yang telah menggunakan sistem itu merasa senang dengan hal itu.”

“Ini hal yang baru. Kita akan mulai menggunakannya di Piala Dunia di Brasil tahun depan,” imbuhnya. Adapun isi semprotan vanishing tersebut nantinya berbasis air hasil pengembangan Brasil serta Argentina dan nantinya akan digunakan pada setiap perhelatan panggung besar sepakbola. Blatter pun menambahkan dua inovasi baru pada PD 2014 merupakan jawaban atas umpan balik yang diterimanya dari sejumlah tim, pemain, maupun sang pengadil lapangan tengah. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)