Home » News » Pihak Militer Didesak Menggulingkan Kudeta dari Presiden Sudan Selatan

Pihak Militer Didesak Menggulingkan Kudeta dari Presiden Sudan Selatan



Juba – Saat ini memang konflik yang terjadi di Sudan Selatan sudah semakin memanas. Bahkan Rieck Machar yang dahulunya menjabat sebagai Wakil Presiden (wapres) menginstruksikan kepada tentara Sudan Selatan agar mau untuk melengserkan Presiden Salva Kir.

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir

Seperti yang dilansir dari Ahram, Sabtu (21/12/2013), Machar mengungkapkan bahwa ia mengajukan permohonan kepada partai yang saat ini sedang berkuasa dan juga kepada tentara pemerintahan agar mau untuk dapat melengserkan peerintahan dari Salva Kiir.

Machar juga menambahkan bahwa dirinya bersedia untuk menerima ajakan perundingan yang akan dilakukan oleh Kiir. Dengan catatan bahwa perundingan tersebut akan terjadi apabila nantinya akan dibicarakan mengenai pengunduran diri dari Kiir.

Sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini masih berlangsung peperangan yang terjadi diantara loyalis Machar serta pasukan dari pemerintahan. Bahkan saat ini peperangan sudah merembet kea rah luar dari Juba, Ibu Kota Sudan Selatan.

Untuk diketahui kondisi perpecahan di Negara baru ini dimulai ketika Kiir melakukan pemecatan atas semua anggota kabinetnya termasuk didalamnya Wapres Rieck Machar. Alhasil dengan adanya konflik ini, dunia internasional mengkhawatirkan nantinya perseteruan ini akan berubah menjadi sebuah perang saudara yang berkepanjangan. (Maria Ulfa – sisidunia.com)