Home » News » Menhub Masih Berharap Merpati Dapat Dipertahankan

Menhub Masih Berharap Merpati Dapat Dipertahankan



Jakarta โ€“ Sepertinya rencana pembubaran atas PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) yang diajukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan tidak mendapatkan persetujuan dari Menteri Perhubungan (Menhub), EE Mangindaan. Dimana Mangindaan menginginkan agar Merpati dapat terus dipertahankan walaupun saat ini tidak dipungkiri bahwa kondisi keuangan dari perusahan plat merah tersebut memburuk.

Menhub Masih Berharap Merpati Dapat Dipertahankan

Dalam keterangan pernya di Kantor Menko Perekonomian Kawasan Lapangan Banteng Jakarta, Kamis (19/12/2013), ketika ditemui, Mangindaan mengungkapkan bahwa saat ini kondisi Merpati masih dalam proses seperti yang dulu dirapatkan dengan Menko.

Dimana pembahasan tersebut sebenarnya tidak ada opsi untuk dilakukan pembubaran, sehingga keberadaan dari merpati sampai saat ini masih akan terus dipertahankan. Memang sikap dari Mangindaan ini berbeda jauh dari apa yang diinginkan oleh Dahlan Iskan.

Dahlan Iskan menilai bahwa kondisi Merpati saat ini sangat sulit untuk dapat dipulihkan. Bahkan untuk dapat membayar gaji karyawan dan juga pilotnya saja pihak manajemen MNA merasa kesultan. Hal inilah yang membuat Dahlan pada akhirnya menyimpulkan bahwa pilihan yang terbaik adalah dengan menutup maskapai penerbangan Merpati yang saat ini tercatat memiliki hutang sebesar Rp 6,5 triliun.

Namun sepertinya sebelum dilakukan penutupan, pemerintah dalam hal ini adalah pihak kementerian BUMN akan memberikan kesempatan kepada Merpati agar dapat melakukan restrukturisasi atas semua utang-utang yang dimiliki oleh Merpati.

Sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini banyak onvestor yang berminat untuk dapat menjadi mitra dari Merpati. Tercatat ada sekitar 15 investor yang akan membuat rencana bisnis dalam jangka panjang dengan maskapai penerbangan berpelat merah ini. Mangindaan juga menambahkan bahwa saat ini Merpati masih merumuskan beberapa rencana bisnis yang digunakan untuk kelangsungan keberadaan Merpati. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)