Home » News » Kericuhan di Sudan Sudah Menyebar ke Wilayah Jonglei

Kericuhan di Sudan Sudah Menyebar ke Wilayah Jonglei



Juba โ€“ Kabarnya pertempuran di Sudan Selatan kini sudah menyebar hingga ke Negara Bagian dari Jonglei. Bahkan dengan adanya kericuhan yang terjadi di Negara baru ini ditakutkan akan menjadi sebuah perang saudara.

Kericuhan di Sudan Sudah Menyebar ke Wilayah Jonglei

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir

Dari catatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kekerasan yang terjadi di Sudan Selatan telah menewaskan sekitar 500 korban jiwa. Seperti yang dilansir dari Al Jazeera, Kamis (19/12/2013), dari keterangan Juru Bicara Militer Sudan Selatan Kolonel Philip Aguer, terungkap bahwa saat ini dari tentara pemerintahan mengaku telah kehilangan kendali di Kota Bor.

Bahkan dengan kekalahan yang harus diterima oleh pasukan pemerintah, membuat peperangan yang terjadi di kota tersebut berlangsung hampir semalaman. Sayangnya atas kekalahan yang dialami oleh tentara pemerintahan, pihak Aguer keberatan untuk membeberkan penyebabnya.

Alhasil untuk dapat meredakan konflik yang ada, Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir telah memberikan pengumumkan akan diadakan perundingan dengan Mantan dari Wakil Presiden serta pada penggerak atas dugaan kudeta yaitu Riek Machar.

Sayangnya Salva belum dapat memberikan jamin atas hasil dialog yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan itu. Tidak dipungkiri bahwa selama ini kericuhan yang terjadi di Sudan Selatan dikarenakan adanya pemecatan atas Machar oleh Kiir.

Sebagaimana yang diketahui bahwa setelah adanya pemecatan tersebut, pasukan loyalis dari Machar mengadakan perlawanan kepada pemerintahan Kiir. Alhasil Presiden Sudan Selatan juga berbalik menuduh bahwa Machar lah yang selama ini melakukan kudeta dengan tujuan untuk dapat menggulingkan pemerintahannya. (Maria Ulfa – sisidunia.com)