Home » News » Kritikus Khodorkovsky Mengirim Surat Permohonan Maaf Kepada Putin

Kritikus Khodorkovsky Mengirim Surat Permohonan Maaf Kepada Putin



Rusia – Jika berbicara mengenai negara Rusia secara lebih mendalam, tentu tidak akan lepas dari ingatan sosok Kremlin Mikhail Khodorkovsky yang merupakan politikus, pengusaha, namun juga sekaligus kritikus ternama dimana saat ini dalam kelanjutannya tengah menghuni jeruji besi dengan berbagai tuduhan termasuk penggelapan serta penipuan pajak.

Kritikus Khodorkovsky Mengirim Surat Permohonan Maaf Kepada Putin

Kremlin Mikhail Khodorkovsky

Beberapa tahun lalu, Khodorkovsky ditangkap untuk kemudian dimasukkan kedalam sel tahanan. Dan kini, melansir dari AFP, Kamis (19/12/2013), Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan sang kritikus ternama tersebut telah menulis dan mengirimkan surat permohonan pengampunannya untuk yang pertama kali sejak masuk kedalam jeruji besi.

Pernyataan Presiden Rusia itu disampaikan dalam sebuah konferensi pers saat berlangsungnya ajang marathon tahunan di Rusia. Dan alasan permohonan pengampunan atau grasi tersebut dinyatakan karena kondisi ibunda dari Mikhail Khodorkovsky yang saat ini sedang sakit. Vladimir Putin diungkapkan segera mengambil keputusan untuk dilakukannya penandatanganan grasinya.

Disisi lain, lansiran pada RawStory, Kamis (19/12/2013), kuasa hukum Mikhail Khodorkovsky menyatakan belum memiliki informasi terkait surat permohonan maaf tersebut namun membenarkan jika ada layangan surat permintaan secara pribadi dengan dibubuhi tanda tangan Khodorkovsky selaku kliennya.

Lebih lanjut, Presiden Rusia Vladimir Putin menambahkan bahwa sebelumnya Mikhail Khodorkovsky tidak pernah melakukan hal tersebut dan belum lama ini melayangkan sebuah surat sapaan kepadanya dan secara resmi menyatakan permohonan maafnya. Dan berdasarkan sisi kemanusiaan, langkah pengampunannya pun bisa saja terjadii sesegera mungkin. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)