Home » News » Ukraina Jalin Kerjasama Dengan Rusia Di Tengah Ancaman Protes

Ukraina Jalin Kerjasama Dengan Rusia Di Tengah Ancaman Protes



Kiev – Sepertinya pihak Rusia dan Ukraina memiliki rencanan untuk menyepakati adanya hubungan kerjasama perdagangan. Padahal untuk saat ini di Ukraiana sendiri aksi protes akan anti Rusia terus digalakkan.

Ukraina Jalin Kerjasama Dengan Rusia Di Tengah Ancaman Protes

Dimana kesepakatan akan perdagangan Rusia-Ukraina ini telah diungkapkan langsung oleh Perdana Menteri Ukraina Mykola Azarov. Bahkan rencananya pada Selasa, 17 Desember 2013 nanti kesepakatan tersebut akan mulai ditandatangani.

Memang kesepakatan dengan pihak Rusia diumumkan setelah kesepakatan perdagangan dengan pihak Uni Eropa (UE) batal dilakukan. Alhasil dengan kesepakatan ini, mau tidak mau menunjukkan bahwa Ukraina sangat dipengaruhi oleh Rusia, walaupun sebenarnya Azarov sendiri telah membantah adanya rumor tersebut.

Seperti yang dilansir dari CNN, Selasa (17/12/2013), dalam sebuah wawancara di stasiun televise yang ada di Ukraina, Azarov mengungkapkan bahwa dengan adanya kesepakatan ini bukan berarti bahwa pihaknya telah bergabung dengan Rusia.

Alhasil di Ukraina sendiri puluhan ribu demonstran menuntut diakhirinya pengaruh Rusia dengan menduduki Kota Kiev. Mereka beranggapan bahwa Ukraina tidak akan memiliki masa depan apabila masih berada dalam bayangan Rusia.

Ukraina sendiri saat ini menjadi obyek perebutan kekuasaan dari Uni Eropa (UE) dan Rusia. Dimana pihak UE menginginkan agar Negara-negara bekas Uni Soviet mau untuk menjadi anggotanya, sedangkan Rusia melakukan pendekatan dengan Ukraina diharapkan pihak Ukraina mau bergabung di blok ekonomi yang dimilikinya. (Maria Ulfa – sisidunia.com)