Home » News » Rupiah Masih Betah di Level Rp 12.000

Rupiah Masih Betah di Level Rp 12.000



Jakarta – Saat ini memang pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS), masih bertengger di level Rp 12.000 per USD. Pergerakan Rupiah semakin terpuruk dikarenakan minimnya sentiment positif walapun sebenarnya pada pagi ini IHSG dibuka mengalami penguatan.

Rupiah Masih Betah di Level Rp 12.000

Seperti yang dilansir dari Bloomberg Dollar Index, Selasa (17/12/2013), pada pagi tadi Rupiah dalam perdagangan non-delivery forward (NDF) mengalami penguatan 10 poin berada di kisaran Rp 12.115 per USD. Dimana sebelumnya Rupiah berada di posisi Rp 12.105 per USD.

Berdasarkan oengamatan dari Ekonom Samuel Sekuritas, Rangga Cipta terungkap bahwa walaupun sebenarnya kurs rupiah jisdor mengalami pelemahan oleh Bank Indonesia (BI), namun dalam satu bulan ini kurs NDF menguat sehingga selisihnya cukup positif.

Disisi lain, dalam pengumumannya kemarin bank dunia menyatakan bahwa perekomonian Indonesia mengalami pertumbuhan sekitar 5,6 persen year on year di 2013 dan 5,3 persen year on year di 2014.

Selain itu Bank Dunia juga mengungkapkan bahwa adanya perlambatan investasi ini menjadikan penyebab utama untuk tahun depan. Rangga juga mengungkapkan bahwa ketidakpastian atas tapering AS ini sehingga membuat volatilitas yang ada di pasar keuangan Indonesia kondisinya masih tinggi. Alhasil pembiayaan eksternalnya akan semakin sulit untuk dilaksanakan. (Maria Ulfa – sisidunia.com)