Home » Otomotif » Ford Fiesta EcoBoost Segera Hadir Awal Tahun 2014

Ford Fiesta EcoBoost Segera Hadir Awal Tahun 2014



Jakarta โ€“ Sepertinya PT Ford Motor Indonesia (FMI) berencana untuk memperkuat produknya yang menggunakan teknologi terbaru. Nantinya model terbaru dari FMI ini akan menggunakan mesin 1.0 liter EcoBoost yang sudah dinobatkan 2 kali menjadi mesin terbaik didunia.

Ford Fiesta EcoBoost Segera Hadir Awal Tahun 2014

Dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (17/12/2013), Bagus Susanto, Managing Director FMI mengungkapkan bahwa setelah tiga bulan IIMS berlalu, kini new Ford Fiesta akan segera hadir dengan mesin baru 1.5 L dengan hemat bahan bakar.

Nantinya di awal tahun mesin EcoBoost akan mulai dihadirkan untuk konsumen yang ada di Indonesia. Diungkapkan oleh Bagus sebenarnya ada tiga rahasia kehebatan dari mesin yang memiliki berat 97 kilogram tersebut.

Untuk kelebihan yang pertama dari mesin EcoBoost adalah memiliki direct injection, sehingga irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Kelebihan yang kedua adalah TiVCT (Twin Independent Variable Camshaft Timing) sedangkan kelebihan yang ketiga adalah memiliki Turbocaharger.

Nantinya Ford yang akan menjadi pertama memperkenalkan mesin kecil namun memiliki putaran yang cukup cepat. Untuk diketahui bahwa mesin EcoBoost ini memiliki kapasitas 1.0 liter dengan tiga silinder yang digabungkan dengan direct fuel injection, TiVCT.

Tenaga yang dihasilkan atas EcoBoost 1.0 L ini sebesar 125 hp dengan torsinya 170 Nm. Sedangkan jantung mekanisnya dalam waktu 11,4 detik dapat berlari dari 0-100 kpj dengan kecepatan maksimum sebesar 192 kpj.

Ford sendiri mengklaim bahwa konsumsi BBM dapat tembus hingga 18,9 km/liter. Dengan kata lain mesin ini memiliki efisiensi BBM yang cukup mumpuni dengan performa mesin yang sebanding dengan mesin 1.6 L. (Mohammad Noval – sisidunia.com)