Home » Otomotif » McLaren Segera Ciptakan Mobile Tanpa Wiper

McLaren Segera Ciptakan Mobile Tanpa Wiper



Inggris – Perkembangan inovasi selalu muncul dimana keberlangsungannya tak hanya terjadi pada teknologi telekomunikasi namun juga diranah otomotif. Sebagai salah satu contohnya seperti yang kini tengah dilakukan oleh perusahaan otomotif terkemuka dengan ranah basis produksi diwilayah Surrey, Inggris, McLaren Automotive.

McLaren Segera Ciptakan Mobile Tanpa Wiper

Konsep McLaren X-1

Berdasarkan lansiran dari WorldCarFans, Selasa (17/12/2013), McLaren saat ini tengah merancang sebuah desain otomotif yang berbeda dengan kendaraan pada umumnya termasuk untuk jenis model sports, yaitu sebuah mobil masa depan tanpa menggunakan wiper atau alat pembersih kaca dimana notabene terdapat dibagian depan.

Rencana besar itu disampaikan oleh kepala desainer McLaren McLaren Frank Stephenson dimana pihaknya kini dinyatakan sedang bekerja membangun sebuah sistem teknologi dengan fungsi sebagai pengganti wiper. Frank mengatakan bahwa mobil buatan pabrik otomotif asal Inggris tersebut nantinya akan menggunakan transduser ultrasonik pada kaca bagian depan.

Disampaikan pula kemampuan alat terbaru itu nantinya dapat mengirimkan gelombang ultrasound sebesar 30 kHz pada semua bagian permukaan kaca sehingga berbagai kotoran seperti air, lumpur, serangga, maupun jenis lain dimana dalam pelaksanaannya, hampir semua kototran tersebut dapat dihilangkan dalam waktu yang singkat.

Selain itu, disamping dapat berfungsi sebagaimana tujuan utamanya, disingkirkannya wiper sekaligus menjadikan kendaraan roda empat buatan McLaren tersebut juga mampu meningkatkan efisiensi aerodinamis. Adapun kekurangan yang disampaikan oleh Frank, yaitu penggunaan bahan bakar akan menjadi sedikit lebih banyak dari biasanya. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)