Home » News » Sebanyak 366 Tahanan Dibebaskan Dari Penjara Aleppo

Sebanyak 366 Tahanan Dibebaskan Dari Penjara Aleppo



Damaskus โ€“ Ada sekitar 366 tahanan yang berasal dari penjara Aleppo telah dibebaskan oleh pihak otoritas Suriah. Alasan pembebasan ini hanya karena kemanusiaan saja. Berdasarkan keterangan dari Oragnisasi HAM setempat, Syrian Observatory for Human Rights terungkap bahwa kelompok pertama yang dibebaskan di Kamis (12/12/13) kemarin ada sekitar 10 orang tahanan, dan sisanya rencananya akan dibebaskan dalam waktu dekat.

Sebanyak 366 Tahanan Dibebaskan Dari Penjara Aleppo

Seperti yang dilansir dari AFP, Minggu (15/12/2013), kantor berita SANA membenarkan bahwa ada sekitar 366 tahanan dari penjara Aleppo yang dibebaskan karena alasan kemanusiaan. Memang dalam 8 bulan terakhir ini, kelompok militant Al Nusra Front serta beberapa kelompok militan yang lain dengan afiliasi Al Qaeda menduduki penjara tersebut.

Keberadaan mereka tidak lain hanya ingin menggulingkan pemerintahan dari Presiden Bashar al-Assad. Dari keterangan Direktur Observatory, Rami Abdel Rahman terungkap bahwa kondisi di dalam penjara sangat memprihatinkan.

Bahkan dikhawatirkan terserang penyakit seperti TBC, maka pada akhirnya tahanan tersebut dibebaskan. Abdel mengungkapkan bahwa evakuasi dari para tahanan tersebut sudah dilakukan mulai kemarin dan dari Bulan Sabit Merah berhasil mengeluarkan sekitar 10 orang tahanan. Sedangkan yang lainnya akan dibebaskan secara bertahap.

Abdel juga mengungkapkan bahwa Bulan Sabit Merah ke dalam penjara membawakan sejumlah makanan, obat-obatan serta pakaian untuk para tahanan. Tercatat di dalam penjara tersebut ada sekitar 3 ribu tahanan yang didalamnya termasuk para aktivis dan Islamis.Bahkan beberapa kali kelompok militan berusaha untuk melakukan penyerangan di penjara terebut, sayangnya tentara Suriah berhasil menghalau aksi mereka. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)