Home » Otomotif » CB150R Street Fire dan Verza Tonggak Ambisi Honda Motor Sport

CB150R Street Fire dan Verza Tonggak Ambisi Honda Motor Sport



Jakarta – Persaingan otomotif kendaraan roda dua di Indonesia memang terbilang sangat ketat terutama dengan jumlah produsen yang juga tidak sedikit. Dan meskipun pada tahun 2014 diperkirakan daya penjualan produk kendaraan bermotor tidak sehebat tahun ini, 2013, namun hal itu tak mengurangi minat pengembang untuk meluncurkan langkah strategis terbarunya.

CB150R Street Fire dan Verza Tonggak Ambisi Honda Motor Sport

CB150R Street Fire

Hal tersebut berlaku pula bagi Honda Motor yang tampak jelas berambisi ingin menguasai pangsa pasar kendaraan roda dua khususnya pada jenis sport di Indonesia. Setelah sebelumnya pernah meluncurkan langkah pemasaran dengan menyertakan jargon ‘One Heart’ pada kendaraan roda dua Honda Repsol diajang moto gp, ditahun depan langkah itu direncanakan kembali dilakukan.

Sebagai alasannya diungkapkan oleh Thomas Wijaya selaku General Manager Sales Division AHM, Minggu (15/12/2013), guna meningkatkan pencitraan motor sport pada masyarakat Indonesia pecinta jenis model kendaraan tersebut. Hal ini dianggap akan berdampak efektif mengingat belum lama rookie Marc Marquez yang menunggangi motor sport Honda memenangi gelar juara dunia moto gp.

Dan langkah terapan itu tampaknya memang cukup efektif mendongkrak penjualan motor sport Honda ditahun ini serta memperdekat jarak ambisinya. Sebab berdasarkan data informasi AISI atau Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia, peningkatan signifikan diperlihatkan produk ciptaan Honda dimana hingga bulan November pangsa pasar berhasil dikuasai hingga 60.4 persen.

Mengenai hal itu, Margono Tanuwijaya selaku marketing director AHM, Minggu (15/12/2013), dominasi ditunjukkan pada penjualan CB150R Street Fire serta Verza, untuk kemudian diikuti oleh produk lainnya, seperti MegaPro, Tiger, dan CBR Series. Disampaikan Margono, CB150R Street Fire terjual hingga 165.617 unit, sedangkan Verza mencapai 131.234 unit.

Lebih jauh, selain langkah pemasaran akan dilakukan seperti yang diungkapkan oleh Thomas Wijaya, Margono menambahkan pihaknya berencana melakukan sejumlah perubahan untuk inovasi motor sport ciptaannya, lebih tepatnya pada bagian mesin dalam, yaitu karburator yang akan dirubah ke fuel injeksi sehingga bahan bakar bisa lebih dihemat lagi.

Hal ini, disampaikan oleh Margono Tanuwijaya, juga seiring dengan peraturan dari pihak pemerintah dan kebijakan itu tampaknya dapat pula dijadikan sebagai penarik minat masyarakat karena dengan demikian bahan bakar motor sport nantinya pun akan ramah terhadap lingkungan sekitar. Dan meskipun kini pangsa pasar masih berkutat pada jenis middle-low, namun pihak Honda tetap berkeyakinan sejumlah langkah terapannya dapat menembus batas ambisinya. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)