Home » News » Seharusnya Jakarta dan Surabaya Terhubung Dengan Kereta Cepat

Seharusnya Jakarta dan Surabaya Terhubung Dengan Kereta Cepat



Nusa Dua – Tidak dipungkiri bahwa DKI Jakarta dan Surabaya merupakan dua kota terbesar yang ada di Indonesia. Dengan memiliki letak yang cukup berjauhan, seharusnya keduanya memiliki koneksi yang terhubungkan dengan sebuah transportasi handal selayaknya kereta cepat.

Seharusnya Jakarta dan Surabaya Terhubung Dengan Kereta Cepat

Dalam keterangan persnya, Jumat (13/12/2013), bertempat di Nusa Dua Bali, Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro membenarkan bahwa seharusnya Jakarta dan Surabaya memiliki infrastruktur seperti kereta cepat untuk menghubungkan kedua kota besar ini. Walaupun tidak dipungkiri bahwa untuk saat ini sudah ada transportasi pesawat.

Namun dicontohkannya bahwa Negara seperti Jepang saja dapat menghubungkan satu kota dengan kota yang lainnya dengan integrasi yang relative bagus. Sebagai contoh dari Tokyo, Osaka, Kyoto, Kobe, Yokohama saling terintegrasi satu dengan yang lainnya dengan menggunakan alat transportasi kereta cepat.

Sebagaimana yang diketahui bahwa Tokyo dan Osaka memiliki letak yang berjauhan, namun keduanya dekat karena ada fasilitas kereta cepat. Tidak hanya di Tokyo saja, karena di China yang memiliki beberapa kota besar seperti Beijing, Shanghai serta Guangzhou walaupun letaknya tidak dekat, namun semua kota tersebut terhubung dalam jalur transportasi yang relatif mudah dan juga cepat.

Bambang juga mengungkapkan bahwa sebenarnya integrasi beberapa kota besar di suatu Negara sangatlah dibutuhkan. Sebagai contoh untuk wilayah Jakarta dan Surabaya keduanya saling mendukung karena perkembangan ekomoni yang menuntutnya berjalan beriringan. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)