Home » News » AS Terus Mendesak Perdamaian Antara Israel dan Palestina

AS Terus Mendesak Perdamaian Antara Israel dan Palestina



Tepi Barat โ€“ John Kerry, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk yang kesekian kalinya berkunjung ke wilayah Timur Tengah. Dalam kunjungannya untuk kali ini, sepertinya Kerry tetap akan mendesak adanya perdamaian diantara Palestina dan juga Israel agar dapat segera terealisasi.

AS Terus Mendesak Perdamaian Antara Israel dan Palestina

Dimana pada Kamis, 12 Desember 2013 kemarin, setibanya Kerry di Tepi Barat, ia langsung dijadwalkan untuk dapat melakukan pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Lalu berselang satu hari, Kerry akan dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu.

Dimana pada pertemuannya kali ini untuk kedua pemimpin yang berseteru ini, Kerry membahas mengenai rencana keamanan yang ada di wilayah Tepi Barat. Walaupun pertemuan diantara kedua kepala Negara tersebut bersifat terpisah, namun Kerry melangsungkan pembicaraan tersebut dengan cara tertutup.

Tidak dipungkiri bahwa untuk saat ini Israel dan Palestina memiliki pandangan yang sama atas apa yang dilakukan oleh AS. Namun AS berharap adanya solusi atas beberapa masalah seperti yang ada di perbatasan, nasib dari para pengungsi Palestina serta status dari Yerusalem.

Seperti yang dilansir dari Al Jazeera, Jumat (13/12/2013)., dari keterangan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Jen Psaki, terungkap bahwa untuk saat ini diskusi masih terus berjalan. Hingga sampai akhirnya masalah keamanan dapat terealisasi dan akan dibahas mengenai isu yang lainnya.

Walaupun memang sudah diberi fasilitas dari AS, memang belum ada wujud hasilnya yang nyata. Namun sepertinya kedua belah pihak menyatakan setuju untuk dilakukan pembicaraan damai yang akan berlangsung pada Agustus 2014 nanti. Bahkan pihak AS memberikan keyakinan bahwa dalam waktu sembilan bulan setelah pertemuan, kesepakatan damai tersebut akan tercapai. (Rindi AYunda – SisiDunia.Com)