Home » News » PM Thailand Belum Mau Mundur Dari Jabatannya

PM Thailand Belum Mau Mundur Dari Jabatannya



Bangkok – Sepertinya Perdana Menteri (PM) Yingluck Shinawatra belum akan mengundurkan diri sampai diselenggarakannya pemilihan umum di Thailand yang ada di gelar pada Februari 2014 nanti. Pernyataan tersebut merupakan sebuah jawaban atas permintaan mundur yang diteriakkan oleh para pendemo Thailand.

PM Thailand Belum Mau Mundur Dari Jabatannya

Dimana ucapan dari Yingluck ini diucapkan satu hari berselang setelah ia memutuskan untuk diadakan pemilu. Alhasil ini kabarnya kondisi Thailand sudah berangsur membaik. Hal ini tidak lain dikarenakan pimpinan demo memerintahkan untuk isirahat sejenak, demikian dilansir dari Associated Press, Selasa (10/12/2013).

Walaupun saat ini sudah berangsur kondusif, namun para pendemo berkeinginan agar Yingluck segera turun dari jabatannya. Kelompok pendemo yang dikenal dengan sebutan “Kaus Kuning” ini dikabarkan menolak tawaran Pemilu dari Yingluck.

Tidak dipungkiri bahwa pada saat demo pertama kali dilangsungkan memang “Kaus Kuning” bersikeras tidak mau adanya pungutan suara. Karena mereka menginginkan agar pemerintahan Thailand dibubarkan dan dibentuk Dewan Rakyat yang nantinya berfungsi untuk menjalankan roda pemerintahan Thailand.

Bahkan Suthep Thaugsuban, pimpinan demo Thailand mengungkapkan bahwa ia menolak ajakan negosiasi yang ditawarkan oleh Yingluck. Bahkan, agar keinginan para pendemo ini tercapai, mantan wakil PM Thailand ini bersedia mati.

Kini kedudukan dari kelompok “Kaus Kuning” semakin kokoh karena mendapatkan dukungan dari partai oposisi Thailand, yaitu Partai Demokrat. Bahkan Partai Demokrat sendiri juga mengancam untuk menumbangkan Yingluck dengan membawa sekitar 150 ribu jiwa.

Memang kondisi politik di Thailand mulai goyah ketika PM Yingluck memberikan pengampunan untuk saudara laki-lakinya dan juga mantan PM Thaksin Shinawatra. Dengan keputusan Yingluck ini dengan seketika menghapus prestasi yang hampir selam atiga tahun dibangunnya di Negeri Gajah Putih ini. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)