Home » News » Fasilitas Nuklir Irak Diperiksa PBB

Fasilitas Nuklir Irak Diperiksa PBB



Teheran โ€“ Pihak Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah mengirimkan para petugasnya untuk melakukan pemeriksaan atas fasilitas nuklir Arak yang ada di Iran. Bahkan lembaga PBB itu melakukan pemeriksaan dikarenakan sebagai bagian atas kesepakatan nuklir yang terjadi antara Negara Barat dengan Iran yang berlangsung pada bulan lalu.

Fasilitas Nuklir Irak Diperiksa PBB

(Foto: AFP)

Dimana dalam kesepakatannya tersebut, Iran berjanji akan segera menghentikan operasi atas semua fasilitas nuklir yang ada di Arak. Untuk diketahui bahwa nuklir Arak yang telah memproduksi adanya zat radioakif plutonium yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan senjata nuklir.

Seperti yang dikutip dari BBC, Senin (9/12/2013), memang Negeri Paramullah tersebut sudah berjanji untuk membatasi aktifitas atas pengayaan atas uraniumnya. Hal ini dilakukan sebagai ganti sehingga Negara Barat mencabut semua sanksi yang diberikan kepada Iran.

Untuk diketahui bahwa kesepakatan nuklir Iran ini akan berlaku untuk enam bulan kedepan. Dimana nantinya kesepakatan tersebut akan menjadi permanen apabila Iran telah terbukti memiliki komitmen untuk mengembangkan program nuklirnya secara damai.

Nantinya IAEA akan melakukan pemeriksaan selama sehari untuk kemudian hasilnya dibawa ke markas Wina, Australia untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk diketahui bahwa di tahun 2011 lalu, IAEA juga telah melakukan pemeriksaan atas fasilitas nuklir Arak. Namun pada akhirnya pemeriksaan tersebut berhenti dikarenakan hubungan antara Negara Barat dan Irang mengalami keregangan. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)