Home » News » Cadangan Devisa Mengalami Penurunan

Cadangan Devisa Mengalami Penurunan



Jakarta โ€“ Sepertinya data atas cadangan devisa Indonesia mengalami penurunan yang cukup tipis. Alhasil hal ini membuat sentimen negatif dari pasar keuangan. Sehingga membuat pergerakan Rupiah pada pagi ini menjadi melemah.

Cadangan Devisa Mengalami Penurunan

Ilustrasi

Seperti yang dilansir dari Bloomberg Dollar Index, Senin (9/12/2013), dalam perdagangan non-delivery forward (NDF) Rupiah mengalami pelemahan 16 poin atau sekitar 0,13 persen sehingga berada di angka Rp11.980 per USD. Sedangkan dari Yahoofinance tercatat Rupiah berada di angka Rp11.953 per USD.

Sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini Bank Indonesia (BI) telah mencatat jumlah cadangan dari devisa Indonesia sampai akhi November 2013 kemarin mengalami penurunan yang cukup tipis menjadi di kisaran USD96,96 miliar.

Sedangkan pada posisi cadangan devisa pada Oktober 2013 saja ada di kisaran angka USD97 miliar. Walaupun demikian, dari keterangan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi A Johansyah terungkap bahwa posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,5 bulan impor atau setara dengan 5,3 bulan impor dan juga pembayaran atas utang luar negeri dari Pemerintah.

Difi juga menyatakan bahwa BI menilai bahwa cadangan devisa yang dimiliki tersebut cukup aman ditambah lagi adanya dukungan atas ketahanan sektor eksternal yang berada di atas standar kecukupan internasional.

Ditambahkan bahwa jumlah cadangan devisa tersebut sebenarnya tidak lepas dari adanya respons atas kebijakan BI yang berguna untuk menurunkan adanya defisit transaksi sehingga dapat berjalan ke tingkat yang lebih sehat serta menjaga adanya stabilitas dari nilai tukar rupiah yang memiliki kondisi fundamental.(Maria Ulfa – SisiDunia.Com)