Home » Otomotif » Toyota Ikut Mengembangkan Wireless Charging

Toyota Ikut Mengembangkan Wireless Charging



Massachusetts โ€“ Sebagaimana yang diketahui bahwa produsen mobil Volvo pernah menyatakan bahwa saat ini mereka sedang mengembangkan sebuah pengisian baterai wireless yang dipergunakan untuk mobil listriknya.

Toyota Ikut Mengembangkan Wireless Charging

Sepertinya hal yang sama juga akan dikembangkan oleh prosuden mobil Toyota Motor Corp. Bahkan kabarnya untuk saat ini Toyota sudah hampir selesai untuk mengembangkan teknologi baru untuk pengisian baterai dengan menggunakan sistem nirkabel dimana nantinya akan disematkanpada semua kendaraan listrik milik Toyota.

Seperti yang dikutip dari autonews, Sabtu (7/12/2013), saat ini Toyota juga telah menandatangi sebuah lisensi atas kekayaan intelektual yang berasal dari WiTricity Corp. Dari keterangan WiTricity Corp terungkap bahwa pada dasarnya pengisian ulang baterai wireless ini tidak terlalu sulit.

Nantinya kendaraan hanya cukup berada diatas tempat pengisian baterai yang memiliki ukuran 19,7 inci sehingga dapat diselipkan dimanapun. Sedangkan Toyota sendiri untuk mengisi daya di mobil listriknya menyelipkan sebuah resonansi magnetik yang berukuran 8 inci dan diletakkan dibawah kendaraan.

CEO Eric Giler WiTricity juga mengungkapkan bahwa sistem yang digunakan sangat menarik. Karena ada sebuah resonator kecil yang dapat dipasang dimanapun dengan media apa saja. Erick sendiri memprediksi bahwa teknologi ini akan dihadirkan Toyota pada tahun 2016.(Samsul Arifin – SisiDunia.Com)