Home » News » Pemprov DKI Jakarta Galakkan Sumur Resapan

Pemprov DKI Jakarta Galakkan Sumur Resapan



Jakarta โ€“ Saat ini pihak Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan kewajiban untuk setiap warganya yang akan membangun rumah harus disertai dengan membuat sebuah sumur resapan. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mengantisipasi adanya genangan dan juga berfungsi untuk menambah ketersediaan akan air tanah yang ada di wilayah Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta Galakkan Sumur Resapan

Dalam keterangan persnya, Sabtu (7/12/2013), Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Andi Baso mengungkapkan bahwa saat ini satu rumah pribadi dibutuhkan satu sumur resapan dan sudah ada Pergub yang mengaturnya.

Dijelaskan oleh Andi bahwa perintah tersebut sebenarnya sudah tertuang didalam Peraturan Gubernur dan Izin Mendirikan (IMB). Sayangnya dalam pelaksanaannya masih terkendala dalam hal pengawasan yang saat ini belum terlaksana.

Untuk diketahui bahwa biaya membuat satu sumur resapan tidak terlalu mahal, sehingga nantinya bagi warga baru yang ingin membuat rumah diwajibkan untuk membuat sumur resapan. Terutama bagi warga yang membangun rumah mewah, satu sumur resapan yang hanya bernilai 400 ribu tentunya mudah.

Sumur resapan ini dapat dibuat sederhana hanya dengan menggali lubang dengan dikasih beton sehingga air dapat masuk ke dalam. Untuk diketahui bahwa saat ini Pemprov DKI sudah membuat sekitar 1.949 sumur resapan yang sudah tersebar di berbagai penjuru Jakarta. Keberadaan sumur resapan tersebut diprioritaskan di wilayah yang banyak genangan airnya. Target pembuatan sumur resapan ini ditargetkan di akhir Desember ini. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)