Home » News » Nelson Mandela Akan Dimakamkan 15 Desember 2013

Nelson Mandela Akan Dimakamkan 15 Desember 2013



Johannesburg โ€“ Rencananya pada 15 Desember 2013 nanti, jenazah dari mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela baru akan dimakamkan. Nantinya sebelum pemakaman akan dilakukan beberapa upacara yang digunakan untuk memperingati sosok penentang dari apartheid tersebut.

Nelson Mandela Akan Dimakamkan 15 Desember 2013

Pemakaman Mandela sendiri akan dilaksanakan di Desa Qunu, Eastern Cape. Jelang pemakamannya nanti, hampir selama sepekan rakyat Afsel akan melakukan sebuah upacara berkabung.

Sebagaimana yang diketahui bahwa pada Jumat, 6 Desember 2013 kemarin, Uskup Agung Desmond Tutu telah memimpin doa di Katedral St. George, Cape Town untuk mengenang jasa dari Mandela.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Sabtu (7/12/2013), Tutu mengungkapkan bahwa saat ini sebenarnya kita semua terpukau dengan keberadaan dunia. Bahkan dunia mengharapkan adanya konflik ras untuk menghancurkan kita.

Diingatkan oleh Tutu bahwa Mandela memiliki peranan penting di Afrika Selatan setelah berhasil meruntuhkan apartheid dan pada tahun 1994 Afsel bersiap untuk melakukan pemilu yang diikuti oleh semua ras.

Mandela meninggal pada Kamis, 5 Desember 2013 di malam hari waktu setempat di kediamannya yang ada di Kota Johannesburg, Afrika Selatan. Sudah lama Mandela dirawat selama berbulan-bulan dirumah sakit sebelum pada akhirnya dirawat dirumah.

Mandela menderita infeksi paru-paru yang sudah lama dideritanya. Mandela wafat diusia ke-95 dan mendapatkan ganguan paru-paru pada saat ditahan oleh rezim apartheid Afsel. (Maria Ulfa SisiDunia.Com)