Home » News » Jalur Hijau di Sudirman Mulai Dibongkar Untuk Proyek MRT Jakarta

Jalur Hijau di Sudirman Mulai Dibongkar Untuk Proyek MRT Jakarta



Jakarta โ€“ Saat ini memang pemerintah provinsi DKI Jakarta sedang ingin memperbaiki transportasi massal. Hal ini dibuktikan dengan pengerjaan atas proyek MRT yang mulai dikebut. Setelah beberapa waktu lalu pohon yang ada di kawasan Sudirman telah ditebang, kini giliran jalur hijau yang dikupas.

Jalur Hijau di Sudirman Mulai Dibongkar Untuk Proyek MRT Jakarta

Dalam keterangan persnya, Kamis (5/12/2013), Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami mengungkapkan bahwa saat ini proyek pengerjaan MRT Jakarta sudah memasuki proses Green Belt Dismantling atau pengupasan jalur hijau yang ada disepanjang koridor tersebut.

Rencananya pada Jumat (6/12) pengupasan jalur hijau akan mulai dilakukan di sepanjang Jl Sisingamangaraja. Memang pengupasan atas jalur hijau ini nantinya akan digunakan sebagai jalur lalu lintas ketika pengerjaan konstruksi fisik yang akan memakan median jalan dan juga trotoar.

Dari penuturan Dono terungkap bahwa pengupasan jalur hijau ini tidak lain bertujuan untuk tepat mempertahankan jumlah jalur serta untuk relokasi utilitas yang ada di sepanjang koridor. Sehingga masih aman untuk dilalui oleh kendaraan yang melintas diatasnya.

Selain pengupasan jalur hijau, juga akan ada relokasi lampu yang dahulunya ada di jalur hijau. Pengupasan jalur hijau ini hnaya bersifat sementara, dimana jika kpnstruksi atas proyek MRT Jakarta ini sudah selesai maka akan dikembalikan sebagaimana semestinya.

Rencana atas pengupasan jalur hijau ini dilakukan bertahap, dimulai dari Jalan Sisingamangaraja menuju jalan Sudirman (Dekat Patung Monumen Pemuda Membangun), depan Istora Senayan, Bendungan Hilir, dan Setiabudi. Nantinya untuk pelaksanaannya dituturkan oleh Dono akan dilakukan dua shift. Dimana untuk shift siang dilakukan mulai pukul 05.00-22.00 tanpa penutupan lajur, sedangkan untuk shift malam berlaku dari pukul 22.00-05.00 dengan melakukan penutupan satu lajur tepatnya di jalur lambat dilokasi tersebut.

Penutupan satu jalur dimalam hari ini tidak lain bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang parah dikarenakan pengerjaan konstruksi proyek MRT Jakarta ini. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)