Home » News » Rupiah Masih Terpuruk di Angka Rp 11.980

Rupiah Masih Terpuruk di Angka Rp 11.980



Jakarta โ€“ Sepertinya dengan adanya perbaikan dari data-data ekonomi baik itu nerasa dagang Indonesia ditambah dengan adanya inflasi yang sudah sesuai dengan harapan, belum dapat memicu pergerakan Rupiah. Bahkan di pagi ini, Rupiah masih mengalami tekanan. Seperti yang dilansir dari Bloomberg Dollar Index, Rabu (4/11/2013), saat ini Rupiah tercatat mengalami pelemahan sekitar 95 poin atau berkisar 0,80 persen menjadi Rp 11.983 per USD.

Rupiah Masih Terpuruk di Angka Rp 11.980

Sedangkan dari Yahoofinance, tercatat bahwa saat ini Rupiah berada di Rp11.885 per USD. Diungkapkan oleh Rangga Cipta selaku Ekonom Samuel Sekuritas bahwa walaupun data dari penjualan kendaraan bermotor di Amerika Serikat (AS) telah diumumkan dan jauh lebih baik dari sebelumnya, namun dollar index masih melemah.

Memang tidak dipungkiri bahwa pasar Asia ditutup mengalami pelemahan, setelah di pagi harinya indeks non-manufaktur China mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya. Walaupun demikian tingkat imbal hasil atas obligasi pemerintah Indonesia kini sudah kembali naik.

Dalam risetnya, yang dilansir dari situs Samuel Sekuritas, Rangga menuliskan bahwa memang untuk perdagangan hari Selasa kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan sebesar 0.77 persen berbarengan dengan kurs rupiah Jisdor yang mengalami pelemahan sebesar 1 persen menjadi Rp11.830 per USD.

Walaupun demikian, diungkapkan oleh Rangga bahwa saat ini pasar masih menunggu data dari laporan penjualan untuk ritel Uni Eropa yang rencananya pada sore ini akan diumumkan. Sedangkan di malam harinya, AS akan mengumumkan data penjualan rumah dan ISM non-manufaktur. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)