Home » News » Blueprint Kemerdekaan Skotlandia Diungkap Oleh PM Skotlandia

Blueprint Kemerdekaan Skotlandia Diungkap Oleh PM Skotlandia



Glasgow – Keinginan Skotlandia untuk merdeka dari Inggris telah resmi disampaikan oleh Perdana Menteri (PM) Skotlandia Alex Salmond berupa cetak biru. Nantinya pada 18 Septemebr 2014 akan dilaksanakan referendum terkait kemerdekaan dari Skorlandia.

Blueprint Kemerdekaan Skotlandia Diungkap Oleh PM Skotlandia

Seperti yang dilansir dari Channel News Asia, Selasa (27/11/2013), sambil membawa lembaran 160 kertas putih yang berisi cetak biru, Salmond mengungkapkan bahwa sebenarnya masa depan dari Skotlandia ada di tangan dari Skotlandia itu sendiri. Sebenarnya kemerdekaan tersebut ditentukan oleh rakyat Skotlandia itu sendiri bukan berasal dari siapapun.

Dalam dokumen tersebut berisi rincian atas keinginan Skotlandia untuk merdeka dari Inggris, terkait pajak, nilai mata uang, kesehatan dan beberapa masalah yang nantinya akan ditemui jika Skotlandia sudah merdeka.

Salmond yang saat ini menjabat sebagai Ketua Partai Nasional Skotlandia, juga berjanji nantinya setelah merdeka Skotlandia alan lebih kaya dan adil. Ditambah lagi nantinya warisan utang yang akan diberikan oleh Inggris akan dihentikannya ketika Skotlandia sudah merdeka.

Tidak dipungkiri bahwa pernyataan dari Salmod terkait ekonomi tersebut adalah berdasarkan kekayaan akan minyak dan gas bumi yang saat ini dimiliki oleh Skotlandia. Bahkan dipercayainya bahwa dalam 50 tahun kedepan, sector tersebut akan menjadi sebuah fundamental atas kenaikan ekonomi dari Skotlandia. Ditambah lagi sumber energi yang lainnya yang masih dapat digali lagi. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)