Home » News » Dirut Kernel Oil Diperiksa KPK

Dirut Kernel Oil Diperiksa KPK



Jakarta โ€“ Widodo Ratanachaitong, sebagai Direktur Utama PT Kernel Oil Singapura dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyelidikan atas kasus suap yang terjadi dalam Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas.

Dirut Kernel Oil Diperiksa KPK

Kedatangannya ke KPK akan diperiksa sebagai saksi atas dugaan suap yang menjerat Rudi Rubiandini, mantan Kepala SKK Migas untuk dapat memenangkan tender lelang di SKK Migas atas Fossus Energy Ltd.

Pada saat dikonfirmasi oleh wartawan, Jumat (22/11/2013), Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, membenarkan bahwa memang WIdodo dipanggil ke KPK untuk menjadi saksi.

Tidak hanya Widodo saja yang diperiksa oleh KPK, karena ada sekitar lima karyawan dari Graha Bimasena yaitu M, Sofyan Harahap, Taufik, Mahgiarti Wahyuni, Lia Darmawati, dan Tri Hartanto yang juga ikut dalam pemeriksaan atas kasus tersebut.

Untuk diketahui bahwa dakwaan atas Komisaris PT Kernel Oil Pte Ltd Indonesia, yaitu Simon Gunawan Tanjaya, bahkan Widodo sendiri memiliki peranan terkait kasus suap Rudi. Rudi sendiri diduga telah menerima uang sebesar 900.000 dollar AS dan 200.000 dollar Singapura yang berasal dari Widodo dengan peranantara Simon untuk memenangkan lelang Fossus Energy Ltd. Uang tersebut diserahkan Simon kepada Rudi melalui perantara Devi Ardi sebagai pelatih glof pribadinya. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)