Home » News » Surat Dari Presiden SBY Telah Diterima Oleh PM Australia

Surat Dari Presiden SBY Telah Diterima Oleh PM Australia



Canberra โ€“ Kabarnya saat ini Perdana Menteri Australia, Tony Abbott sudah menerima surat yang dilayangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam surat tersebut Presiden SBY mengharapkan penjelasan terkait penyadapan yang telah dilakukan oleh Australia tersebut.

Surat Dari Presiden SBY Telah Diterima Oleh PM Australia

Bahkan PM Abbott sudah menyatakan kepada Parlemen Australia bahwa ia telah menerima surat dari Presiden SBY. Seperti yang dilansir dari Radio Australia, Kamis (21/11/2013), Abbott mengungkapkan bahwa ia memastikan kepada Parlemen bahwa pemerintah akan segera merespons surat tersebut dengan cepat dan santun.

Karena pada intinya Abbott ingin penguatan atas hubungan kedua Negara, karena ini sangat penting. Selain itu PM Australia ini juga ingin agar Australia menjadi rekan kepercayaan Indonesia baik untuk sekarang ataupun di masa depan.

Memang sebelumnya, Presiden SBY cukup menyayangkan sikap dari Abbott dikarenakan enggan meminta maaf atas penyadapan tersebut, dan pada akhirnya SBY melayangkan surat resmi kepada Australia terkait penyadapan tersebut.

Diharapkan SBY, bahwa Australia dapat memberikan penjelasa tidak hanya di komunitas Australia saja terkait kasus ini. Berdasarkan pendapat SBY, bahwa jika memang Australia berkeinginan untuk menjalin hubungan baik, pihaknya masih menunggu atas kejelasan resmi dari pihak Australia.

Dengan adanya penyadapan ini, Pemerintah Indonesia telah menghentikan beberapa kerjasama dengan Australia termasuj didalamnya adalah militer Indonesia-Australia.. Ditambah lagi pemerintah Indonesia juga menangguhkan kerjasama dengan Australia terkait penangan imigran gelap yang akan masuk ke Australia.(Maria Ulfa – SisiDunia.Com)