Home » News » Kursi Kepresidenan Cile Diperebutkan Dua Putri Jenderal

Kursi Kepresidenan Cile Diperebutkan Dua Putri Jenderal



Santiago โ€“ Putaran pertama Pemilu Presiden Cile pada tanggal 17 November 2013 dimenangkan oleh tokoh sayap kiri, Michelle Bachelet. Sedangkan rivalnya yaitu Evelyn Matthei mengikuti di urutan yang kedua.

Kursi Kepresidenan Cile Diperebutkan Dua Putri Jenderal

Michelle Bachelet

Bachelet sendiri berhasil meraih perolehan suara sekitar 47 persen yang mengungguli Matthei yang hanya memperoleh perolehan suara sekitar 25 persen. Walapun demikian, Bachelet gagal untuk mengamankan suara mayoritas sehingga pemilu putaran kedua harus diselenggarakan.

Rencananya pemilu putaran kedua ini akan diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2013. Seperti yang dilansir dari BBC, Senin (18/11/2013), Bachelet mengungkapkan ia merasa optimis memperoleh kemenangan baik sekarang ataupun pada Desember nanti.

Matthei menyatakan gembira atas perolehannya diputaran pertama pemilu. Bahkan ia tidak menyangka bahwa di putaran kedua nanti ia akan bersaing dengan Bachelet. Memang diakui oleh Matthei bahwa sebenarnya Bachelet jauh lebih unggul mengingat ia pernah menjabat sebagai mantan Presiden Cile di tahun 2006-2010.

Tidak dipungkiri bahwa persaingan antara Bachelet dan Matthei adalah sebuah hal yang unik dimata pengamat. Karena kedua ayahnya adalah Jenderal Alberto Bachelet dan Jenderal Fernando Matthei, yang dahulunya juga berseteru. (Maria Ulfa)