Home » News » Tempat Pemusnahan Senjata Kimia Suriah Menuai Protes

Tempat Pemusnahan Senjata Kimia Suriah Menuai Protes



Tirana โ€“ Pada saat proses pemusnahan atas pasokan senjata kimia Suriah, kini muncul beragam masalah mengiringi. Hal ini dikarenakan tidak ada satu pun Negara yang bersedia wilayahnya menjadi tempat pemusnahan atas senjata kimia yang dimiliki oleh Suriah.

Tempat Pemusnahan Senjata Kimia Suriah Menuai Protes

Timbunan senjata kimia

Memang tidak dipungkiri bahwa proses pemusnahan tersebut tidak dapat dilakukan di Suriah, karena dirasa terlalu berbahaya. Namun saat ini pemerintah Suriah dan juga oposisi masih belum memiliki kesepakatan.

Rencana semula adalah pasokan senjata kimia milik Suriah akan dibawa ke Norwegia. Sayangnya pihak dari pemerintah Norwegia membatalkannya dengan berdalih bahwa mereka tidak memiliki tempat yang cukup memadai.

Alih-alih akhirnya pasokan senjata kimia tersebut di relokasi ke Albania. Sayangnya rencana tersebut masih menemui hambatan, hal ini dikarenakan warga Albania memprotes tindakan pemerintah.Seperti yang dikutip dari Time, Sabtu (16/11/2013). seorang aktivis Albania, Suri Gazin, mengungkapkan bahwa sebenarnya Negara kami bukanlah tempat pembuangan sampah.

Sampai saat ini masih terjadi perdebatan akan dimusnakan dimana senjata kimia milik Suriah ini. Namun PBB menargetkan agar senjata kimia ini pada tahun depan sudah mulai dimusnahkan. Nantinya proses pemusnahan akan dilakukan oleh Organsiasi Pemusnahan Senjata Kimia (OPCW). (Maria Ulfa)