Home » News » Embargo AS Terhadap Kuba Dapat Dukungan Dari Israel

Embargo AS Terhadap Kuba Dapat Dukungan Dari Israel



New York โ€“ Embargo yang dilayangkan oleh Amerika Serikat (AS), kepada Kuba, dikecam oleh hampir semua Negara-negara anggota dari Majelis Umum PBB. Bentuk ketidaksetujuan ini terlihat dari hasil voting di Majelis Umum PBB terkait embargo AS kepada Kuba yang dilayangkan pada 29 ktober 2013 kemarin.

Embargo AS Terhadap Kuba Dapat Dukungan Dari Israel

PBB

Tercatat ada sekitar 188 negara yang menentang embargo AS tersebut, alasan terkuat adalah dampak embargo ini membuat warga Kuba menjadi menderita. Walaupun banyak yang menentang embargo AS ini, namun AS dan Israel memberikan dukungan penuh.

Sedangkan Negara lain seperti Micronesia, Kepulauan Marshall, dan Palau memilih abstain atas tindakan AS ini. Seperti yang dilansir dari AFP, Rabu (30/10/2013), Bruno Rodriguez Parilla selaku Menteri Luar Negeri Kuba mengungkapkan bahwa kebijakan yang dilakukan oleh AS ini membuat warga Kuba menjadi terisolasi dan menjadi menderita.
Karena dirasa kebijakan yang diambil oleh AS ini sangat tidak etis dan juga melanggar hukum internasional. Sayangnya dari pemerintahan AS sendiri mengklaim bahwa sebenarnya yang membuat warga Kuba menderita adalah rezim komunis yang tidak dapat menjalankan pemerintahan.

Dari pernyataan Ronald Godard, diplomat AS di PBB, terungkap bahwa sebenarnya selama ini AS menjadi kambing hitam atas ketidakbecusan dari pemerintahan Kuba. Untuk diketahui bahwa hubungan AS-Kuba sendiri semakin memburuk sejak rezim komunis telah menguasai Negara Karibia ini. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)