Home » News » DNA Akil Mochtar Identik Dengan Sisa Lintingan Ganja

DNA Akil Mochtar Identik Dengan Sisa Lintingan Ganja



Jakarta โ€“ Profil Deoxyribonucleic (DNA) yang terdapat didalam barang bukti narkotika, dinyatakan oleh Badan Narkotika Nasional identik dengan DNA yang dimiliki oleh Akil Mochtar, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi non aktif.

DNA Akil Mochtar Identik Dengan Sisa Lintingan Ganja

Dalam keterangan persnya, bertempat di gedung BNN, Rabu (30/10/2013), Kombes Pol Sumirat Dwiyanto, Kepala Humas BNN mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium bahwa seluruh profil yang dikirimkan ke laboratorium hampir sebagian besar profil identik dengan profil DNA milik Pak AM.

Dengan bukti ini, terbukti bahwa sebenarnya AM memang sudah pernah bersentuhan dengan barang bukti yang ditemukan oleh KPK tersebut. Sehingga saat ini BNN telah melakukan assessment terhadap AM yang didukung oleh tim dokter Puslafor Polri.
Diungkapkan bahwa AM kemungkinan besar adalah pengguna, sehingga ancaman hukuman penjara yang mengancamna adalah 4 tahun dan jika terbukti ia adalah pecandu murni maka rekomendasi dokter untuk dilakukan rehabilitasi.

Sebagaimana yang diketahui bahwa pada 21 Oktober kemarin, tim dokter mengambil sampel DNA Akil untuk diserahkan ke Laboratorium DNA Pusdokes Mabes Polri. Hasil pengujian DNA ini hasilnya lebih cepat dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Memang sebelumnya BNN telah memeriksa contoh urine dan juga rambut Akil. Namun ternyata hasilnya negative mengkonsumsi zat adiktif. Walaupun demikian pihak BNN tidak tinggal diam. Karena BNN kemudian melakukan tes DNA terhadap satu linting ganja yang sudah dipakai. Karena BNN telah menemukan DNA yang tertinggal didalam lintingan ganja tersebut, dan mengambil contoh DNA Akil untuk memastikan DNA siapa yang tertinggal dalam lintingan ganja tersebut. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)