Home » News » Dialog Jenewa Siap Dihadiri Iran

Dialog Jenewa Siap Dihadiri Iran



Damaskus โ€“ Walaupun Iran dikenal sebagai salah satu Negara yang menjadi sekutu Suriah dan dikenal memberikan dukungan terhadap Presiden Bashar Al-Assad. Namun nampaknya Iran mengaku siap untuk menghadiri dialog Jenewa II.

Dialog Jenewa Siap Dihadiri Iran

Kondisi Suriah

Dimana dialog yang diprakarsai oleh pihak Amerika Serikat (AS) dan Rusia ini tidak lain bertujuan untuk mengakhiri krisis Suriah yang terjadi dari tahun 2011. Seperti yang dilansir dari Al-Jazeera, Kamis (31/10/2013), Mohamed Riza Shebani sebagai Duta Besar Iran untuk Suriah mengungkapkan bahwa hampir semua pihak mengetahui sebenarnya Iran selalu mencari solusi atas krisis politik yang terjadi di Suriah.

Sehingga dengan absennya Iran dalam pertemuan tersebut, tidak akan mempengaruhi apapun. Memang pada mulanya, dalam pertemuan Jenewa II kehadiran Iran digagas oleh Lakhdar Brahimi, Diplomat Aljazair.

Sayangnya pihak oposisi dan pemberontak telah menolak kedatangan Iran dalam pertemuan Jenewa II. Karena Iran dianggap memberikan dukungan terhadap pemerintahan Bashar Al-Assad yang ada di Suriah.

Sebagaimana yang diketahui bahwa dialog Jenewa ini akan digelar pada November nanti atas prakarsa dari AS dan Rusia. Namun untuk menghadiri pertemuan tersebut, Pemerintah Suriah memberikan beberapa persyaratan, hal ini dikarenakan sebenarnya rakyat Suriah dapat menentukan nasib Negara dan dirinya sendiri.

Memang pada tahun 2011 lalu, konflik Suriah sudah terjadi. Hal ini bermula dari protes damai yang menentang atas kekuasaan dari keluarga Al Assad yang telah memimpin selama empat dekade. Namun saying konflik saudara ini berkepanjangan sampai saat ini. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)