Home » News » Kelaparan Melanda Warga Suriah

Kelaparan Melanda Warga Suriah



Damaskus – Bencana kelaparan yang terjadi di Suriah, memang sudah menjadi perhatian dari pihak Pemerintahan Amerika Serikat (AS). Yang menarik adalah bencana kelaparan ini terjadi dekat dengan keberadaan dari istana Presiden Bashar al Assad yang berada di Kota Damaskus.

Kelaparan Melanda Warga Suriah

Warga Suriah antri sembako

Beberapa wilayah yang ada di pinggiran Damaskus, seperti Yamouk, Ghouta Timur dan Moumadiya memang sudah banyak kekurangan makanan. Memang ketiga daerah tersebut sering menjadi medan pertempuran dari pihak oposisi maupun pemerintahan.

Kekurangan makanan terjadi karena pasukan peerintah telah mengepung ketiga wilayah tersebut. Alhasil warga merasa putus asa atas kurangnya makanan ini. Bahkan yang mengerikan adalah ulama setempat memperbolehkan warganya untuk memakan anjing dan kucing.

Seperti yang dilansir dari BBC, Sabtu (19/10/2013), Jen Psaki sebagai Juru Bicara Kementerian Pertahanan AS mengungkapkan bahwa pihaknya meminta izin kepada pemerintahan Suriah untuk memberikan bantuan makanan. Karena banyak anak-anak tewas karena kekurangan makanan, padahal lokasinya hanya berjarak beberapa kilometer dari istana Presiden Assad.

Terkait bencana kelaparan ini, pemerintah Suriah mengabaikan tuntutan dari dunia internasional. Bahkan dinyatakan bahwa pengepungan akan berakhir ketika pihak oposisi mulai menyerah. Sebagaimana diketahui bahwa wilayah Damaskus dan sekitarnya ini memang dianggap sebagai lokasi vital untuk rezim Assad.

Sehingga Damaskus dapat dikatakan sebagai simbol kekuasaan dari pemerintahan Assad. Untuk warga Damaskus yang ada di pusat kota, masih dapat menikmati fasilitas yang diberikan oleh pemerintahan. Namun untuk yang didaerah berbeda jauh. (Maria Ulfa)