Home » News » Dialog Damai Suriah Digelar November 2013

Dialog Damai Suriah Digelar November 2013



Damaskus โ€“ Berdasarkan keterangan dari Qadri Jamil, Wakil Perdana Menteri Suriah, terungkap bahwa pada tanggal 23-24 november 2013 akan dilakukan pertemuan Jenewa II. Dimana pertemuan ini akan bertujuan untuk dicari titik temu atas perang saudara yang terjadi hampir selama lebih dari dua tahun di Suriah.

Dialog Damai Suriah Digelar November 2013

Seperti yang dilansir dari Israel National News, Jumat (18/10/2013), dalam jumpa persnya, Jamil pada saat di Moskow, Rusia, telah mengumumkan tanggal perundingan yang pada sebelumnya telah beredar kabar yang simpang siur terkait perundingan tersebut.

Walaupun tanggal dari perundingan telah ditentukan, namun belum jelas siapa yang nantinya akan menjadi tuan rumah atas pertemuan tersebut. Apakah Amerika Serikat (AS) ataukah Rusia. Karena keduanya saling berebut untuk menjadi tuan rumah atas penyelenggaraan perundingan tersebut sejak Mei 2013 lalu.

Sayangnya, ada banyak masalah yang timbul atas izin yang dikeluarkan oleh pihak Presiden Suriah Bashar al Assad, terkait utusannya yang akan menghadiri forum itu. Ditambah lagi beberapa kelompok oposisi juga menolak ikut serta dalam perundingan damai tersebut serta mengancam akan keluar dari Koalisi Nasional Suriah apabila forum itu masih akan terus dilaksanakan.

Sedangkan dari Presiden Dewan Nasional Suriah, anggota terbesar koalisi Oposisi, secara tegas mengungapkan bahwa negosiasi tersebut masih sulit dilakukan jika orang-orang yang terlibat didalamnya menolak adanya forum tersebut.
Tercatat ada sekitar 70 kelompok pemberontak yang mengungkapkan penolakan koalisi nasional atas perundingan tersebut. Bahkan mereka juga tidak akan mengakui kelompok yang mendapatkan duungan dari dunia Barat. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)