Home » News » Akibat Banjir Warga Kamboja Terancam Berbagai Penyakit

Akibat Banjir Warga Kamboja Terancam Berbagai Penyakit



Phnom Penh โ€“ Bencana banjir yang melanda Kamboja pada minggu lalu, yang dikabarkan telah menewaskan sekitar 104 jiwa. Kini menimbulkan ancaman penyakit pasca banjir. Dengan demikian para korban masih akan terus menghadapai penyakit setelah bencana tersebut terjadi.

Akibat Banjir Warga Kamboja Terancam Berbagai Penyakit

Kabarnya sampai saat ini masih ada sekitar 220.149 hektar dari lahan warga yang masih digenangi air dan tercatat ada sekitar 60.000 warga yang terpaksa harus dievakuasi dari kediamannya. Terkait hal ini memang beberapa desa harus menghadapi kenyataan bahwa panen mereka harus hancur.

Seperti yang dikutip dari Bangkok Post, Senin (14/10/2013), saat ini kondisinya yang terjadi adalah beberapa penyakit mulai menyerang warga. Sehingga untuk menangani agar tidak bertambah buruk keadaannya diperlukann penanganan yang cepat.

Penyakit yang mulai menyerang adalah demam berdarah dengue, diare hingga penyakit saluran pernapasan. Bahkan kebutuhan air bersih juga sangat diperlukan warga untuk saat ini. Saat ini perhatian ditujukan kepada orang tua dan anak-anak.

Namun sayangnya kebanyakan warga Kamboja, rata-rata kekuarangan gizi sehingga proses pencegahannya pun semakin sulit dilakukan. Berdasarkan keterangan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), memang krisis banjir yang menimpa Kamboja ini tergolong unik.

Walaupun Thailand sendiri juga mengalami krisis yang sama, namun pihak militer Thailand sudah cepat bekerja untuk mendistribusikan bantuan serta menghindari me;uapkan volume air. Sedangkan Pemerintah Kamboja dirasa terlalu lambat mengatasi banjir yang menimpa negaranya ini. Sehingga para warganya saat ini hanya menunggu bantuan dari oraganisasi seperti PBB dan beberapa oraganisasi kemanusiaan yang lain. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)