Home » News » Penyiarah Syiah Terkena Bom Bunuh Diri di Baghdad

Penyiarah Syiah Terkena Bom Bunuh Diri di Baghdad



Baghdad โ€“ Kota Baghdad, Irak kembali dikejutkan dengan adanya bom bunuh diri. Atas kejadian ini dikabarkan ada sekitar 20 orang yang tewas. Seperti yang dikutip dari CNN, Minggu (6/10/2013), dimana korban yang tewas ini adalah berasal dari sekelompok peziarah yang berasal dari Syiah.

Penyiarah Syiah Terkena Bom Bunuh Diri di Baghdad

Pasukan berjaga disekeliling puing ledakan bom

Informasi yang berkembang menyebutkan bahwa pelaku bom bunuh diri ini menggunakan rompi dan meledakkan diri diantara para peziarah Syiah. Kejadian ini terjadi disekitar pos pemeriksaan yang dekat dengan Jembatan al-Amma yang ada di lingkungan al-Adhamiya Sunni.

Korban sendiri sebeanrnya ada di ribuan peziarah Syaiah yang kebetulan akan menuju ke daerah al-Kadhimiya yang berada di barat laut Baghdad. Para peziarah ini datang untuk memperingati kematian dari Mohammed al-Jawad, seorang imam besar kesembilan dari 12 imam Syiah.

Sedangkan dikota Balad, sebelah utara Irak terjadi bom mobil yang menewaskan 12 orang dan 32 yang lainnya mengalami luka-luka. Bom mobil ini diketahui meledak di sebuah kedai kopi tepatnya pada Sabtu (5/10) malam.

Tidak dipungkiri memang kota yang didominasi oleh golongan Syiah ini sering terjadi kekerasan antar sekte. Terlebih lagi untuk provinsi Salaheddin, yang letakkan di sekitar 56 mil (90 km) sebelah utara dari Baghdad. (Maria Ulfa)