Home » News » Obama Batal Menghadiri KTT APEC 2013

Obama Batal Menghadiri KTT APEC 2013



Nusa Dua โ€“ KTT APEC 2013 yang berlangsung di Nusa Dua Bali, pada akhirnya Barack Obama selaku Presiden Amerika Serikat (AS), batal menghadirinya. Dimana salah satu alasanya adalah saat ini pemerintah AS terbelit masalah internal yang cukup rumit.

Obama Batal Menghadiri KTT APEC 2013

Bahkan belum disetujuinya anggaran, membuat pemerintah AS ditutup untuk sementara. Terkait hal tersebut, dari pihak pemerintah Indonesia sendiri sangat memahaminya. Dalam keterangan persnya, di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Sabtu (5/10/2013), Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan bahwa dengan absennya Obama banyak pihak yang menyayangkannya, namun hal ini masih dapat dipahami.

Hal ini dikarenakan Obama tentunya memprioritaskan kondisi negaranya sendiri untuk saat ini. Bahkan hal yang serupa juga pernah dialami oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ungkap Hatta Radjasa.

Ketidakhadiran para pemimpin Negara wajar adanya, ketika persoalan domestik lebih membutuhkan keberadaan kepala Negara. Di Indonesia sendiri ketika terjadi bencana, SBY juga langsung kembali ke Indonesia padahal waktu itu ia sedang berada di Korea dan Jepang.

Walaupun Obama batal datang ke KTT APEC 2013, namun hal ini tidak menyurutkan terselenggaranya acara tersebut. Karena saat ini posisi AS diwakilkan oleh John Kerry selaku Menteri Luar Negeri. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)