Home » News » Warga AS Terseret Kasus Hukum Dalam Aksi Protes Greenpeace

Warga AS Terseret Kasus Hukum Dalam Aksi Protes Greenpeace



Moskow โ€“ Pengadilan yang ada di Rusia saat ini sedang mendakwa seorang warga Negara Amerika Serikat (AS). Dimana kabarnya dakwaan ini telah diputuskan dikarenakan warga AS yang aktif dalam kegiatan Greenpeace ini dianggap melakukan pelanggaran.

Warga AS Terseret Kasus Hukum Dalam Aksi Protes Greenpeace

Ilustrasi

Seperti yang dilansir dari CNN, Kamis (3/10/2013), memang warga AS tersebut ikut memprotes atas aksi perusakan sistematik atas Laut Artik. Di duga perusakan tersebut dilakukan oleh perusahaan energy yang ternama yang ada di Rusia, yaitu Gazprom.

Jaksa penuntut Rusia mengungkapkan bahwa mereka tidak sepakat atas penilaian yang diberikan oleh para aktivis Greenpeace tersebut. Bahkan jaksa juga menuntut agar para aktifis tersebut dikenakan hukuman penjara selama 15 tahun atas upaya pembajakan.

Terkait hal ini dari pihak Kementerian Luar Negeri AS, memang membenarkan bahwa ada salah satu aktivis yang bernama Dmitry Litvinov sebagai warga Negara AS. Sedangkan dari pihak Greenpeace menyatakan bahwa Litvinov sebenarnya memiliki kewarganegaraan ganda yaitu Swedia dan AS.

Sedangkan pengadilan Rusia, tidak mendakwa aktifis Greenpeace lainnya yaitu Peter Willcox. Padahal Willcox sendiri merupakan kapten dari kapal Greenpeace. Dari keterangan pihak Greenpeace bahwa sebenarnya Willcox adalah kapten dari kapal rainbow Warrior yang telah dibom oleh pihak pemerintahan Prancis tepatnya pada tahun 1985 di Auckland, Selandia Baru.

Perihal pembebasan kedua warganya ini, dari pihak Kemlu AS telah mengutus konsulernya yang ada di St. Petersburg. Nantinya keduanya akan mendapatkan bantuan akses hukum. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)