Home » News » KTT APEC Sepakati Jaringan Anti Korupsi Kawasan Asia Pasifik

KTT APEC Sepakati Jaringan Anti Korupsi Kawasan Asia Pasifik



Nusa Dua โ€“ KTT APEC 2013 yang berlangsung di Bali telah membuahkan beberapa hal yang positif, tidak hanya menyangkut masalah ekonomi. Namun untuk penegakan hukum juga telah disepakati bahwa akan ada jaringan antikoruosi serta transparansi untuk wilayah Asia Pasifik.

KTT APEC Sepakati Jaringan Anti Korupsi Kawasan Asia Pasifik

Hal ini adalah kesimpulan awal dari pertemuan Senior Officials Meeting yang bertempat di Laguna Resort Bali, pada Rabu (2/10/2013) siang. Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto sebagai Chair Anti Corruption and Transparancy Working Group.

Dalam presentasinya, dihadapan para pejabat dan juga penegak hukum Negara-negara APEC, Bambang mengungkapkan adanya gagasan Anti Corruption and Transparancy Networking. Dimana hasilnya cukup menggembirakan.

Pada saat ditemui wartawan sisidunia, Rabu (2/9/2013), Bambang mengungkapkan bahwa dalam forum tersebut, sudah disetujui adanya Anti Corruption Networking. Untuk kemudian kesepakatan ini akan disampaikan dalam sebuah pernyataan kepada para pimpinan.

Nantinya jaringan antikprupsi ini akan dinauni oleh penegak hukum dalam hal ini seperti pihak kepolisian, kejaksaan serta KPK yang ada di masing-masing Negara anggota APEC. Bambang juga mengungkapkan bahwa dengan adanya kebijakan dan kerjasama penegakan hukum ini, maka akan membantu kasus pencucian uang, penyuapan, kejahatan ekonomi serta kasus korupsi. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)