Home » News » Alasan Harga Hewan Kurban di Sumut Relatif Stabil

Alasan Harga Hewan Kurban di Sumut Relatif Stabil



Medan โ€“ Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 2013, pihak pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah memastikan jumlah ketersediaan akan pasokan sapi. Ketersediaan sapi ini terjaga dikarenakan produksinya selalu dijaga dan tidak adanya spekulasi harga.

Alasan Harga Hewan Kurban di Sumut Relatif Stabil

Hewan kurban

Kepada wartawan sisidunia, Selasa (1/10/2013), Bidar Alamsyah selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara mengungkapkan bahwa untuk wilayah Sumut, stock sapi mencukupi. Bahkan harganya pun dapat dikendalikan dikarenakan sudah terjadi pembelian jauh hari pada saat harganya masih normal.

Stok sapi sendiri untuk wilayah Sumut mencapai 13.363 ekor dan diperkirakan cukup sampai tiga bulan kedepan. Untuk Idhul Adha tahun ini memang sapi-sapi yang ada di petani sudah banyak dipesan, dimana harganya stabil karena sudah dicicil jauh hari. Sehingga hal ini membantu ketersediaan sapi.

Berdasarkan penuturan dari Ebina Keliat (52), PNS yang ada di Pempov Sumut, mengungkapkan bahwa dengan adanya metode cicilan yang sudah berlangsung tiga tahun ini sangat terbantu. Terlebih lagi pada saat menjelang hari raya kurban, harga sapi akan melambung tinggi.

Keterangan juga didapatkan dari Aswat Sipahutar, panitia pencicilan hewan kurban di Kecamatan Medan Perjuangan, bahwa untuk mendapatkan harga daging sapi yang sesuai dengan cicilan, maka pihaknya telah mencari sapi jauh hari sebelum hari raya Idul Adha. Bahkan tak jarna gia harus mendatangi para peternak sapi yang letaknya jauh dari Medan. (Rindi Ayunda)