Home » News » Rencana AS Intervensi ke Suriah Tidak Didukung Jerman

Rencana AS Intervensi ke Suriah Tidak Didukung Jerman



Berlin โ€“ Ditengah rencana persiapan intervensi militer yang akan dilakukan Amerika Serikat (AS) ke Suriah, nampaknya tidak sepenuhnya mendapatkan persetujuan dari Negara-negara sekutunya. Bahkan sebelumnya Inggris telah menyatakan mundur, kini Jerman juga ikut menyatakan keengganannya untuk bergabung dalam serangan AS ke Suriah.

Jerman Mundur Untuk Membantu AS Intervensi ke Suriah

Barack Obama

Sebenarnya sikap Jerman ini sudah dapat diduga sebelumnya, karena jika ditilik kembali pada tahun 2003, Jerman juga pernah menolak untuk bergabung dengan AS ketika menginvansi Irak. Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (31/8/2013), Steffen Seibert selaku juru bicara Pemerintah Jerman mengungkapkan bahwa sebenarnya dari pihak Jerman tidak berpikir untuk ikut dalam penyerangan terhadap Suriah.

Sedangkan apa yang dilakukan oleh Inggris sangat mengejutkan banyak pihak. Hal ini dikarenakan selama ini pihak Inggris terus aktif dalam mendorong komunitas internasional untuk segera menghukum Pemerintah Suriah terkait senjata kimia.
Memang niatan Inggris untuk ikut serta menyerang Suriah berhenti pada tingkat parlemen. Hal ini dikarenakan proposal yang telah diajukan oleh Perdana Menteri David Cameron ternyata ditolak berdasarkan hasil voting pada Kamis, 29 Agustus 2013.

Didapatkan dari hasil voting tersebut ada sekitar 272 suara yang telah mendukung proposal tersebut, namun sekitar 285 suara menolak untuk mengadakan intervensi. Dengan demikian maka Cameron kalah suara sekitar 13 suara.
Sayangnya walaupun minim dukungan dari sekutunya, AS masih akan terus menjalankan rencana penyerangannya kepada Suriah. Karena masih ada dukungan dari Perancis dan juga Turki. (Maria Ulfa โ€“ SisiDunia.com)