Home » News » Warga Australia Yang Mangkir Pemilu Dikenakan Denda

Warga Australia Yang Mangkir Pemilu Dikenakan Denda



Jakarta โ€“ Bagi warga Australia, ikut serta dalam berpartisipasi dalam Pemilu adalah sebuah kewajiban. Bahkan jika mereka tidak datang, maka pihak pemerintah akan memberikan denda atau dapat juga dibawa ke meja hijau.

Warga Australia Yang Mangkir Pemilu Dikenakan Denda

Ilustrasi

Berdasarkan keterangan dari situs resmi Komisi Pemilihan Australia, disebutkan bahwa bagi warga Negara Australia yang ternyata tidak hadir dalam pemilu maka akan dikenakan denda sebesar 20 Dolar Australia atau sekitar Rp195 ribu (Rp9.778 per 1 Dolar Australia).

Apabila warga Australia menolak untuk membayar denda, maka mereka dapat dibawa ke pengadilan atau diberikan sanksi yang lebih berat lagi. Bertempat di Kantor Kedutaan Besar Australia, Jakarta, Jumat (30/8/2013), David Engel selaku Kuasa Usaha Kedutaan Australia, mengungkapkan bahwa di Australia memang kewajiban untuk mengikuti pemilu sudah lama diterapkan.

Terkait kebijakan yang diambil oleh pemerintah Australia ini tentunya sangat menarik. Karena di Indonesia sendiri ketika pemilu digelar banyak sekali fenomena golput yang sering ditemui. Namun di Australia untuk mengatasi golput, pemerintahannya memiliki cara tersendiri untuk mengakalinya. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)