Home » Travel & Kuliner » Melihat Primata Terkecil Dunia di Taman Nasional Tangkoko

Melihat Primata Terkecil Dunia di Taman Nasional Tangkoko



Sulawesi – Cagar alam gunung Tangkoko Batuangus terletak di Bitung Utara kota Bitung, Sulawesi utara. Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 8.745 hektare dan memiliki beberapa hewan yang sangat dilindungi salah satunya adalah Tarsius, yaitu primata terkecil di dunia.

Melihat Primata Terkecil Dunia di Taman Nasional Tangkoko

Tarsius, Primata terkecil dunia

Tarsius merupakan salah satu hewan malam yang memakan serangga untuk hidupnya, hewan ini memiliki ukuran tubuh yang begitu kecil sehingga sangat sulit untuk menemukan hewan ini. Primata mungil ini memiliki panjang hanya sekitar 10-15 cm dengan berat berkisar 80 gram.

Yang unik dari primata terkecil di dunia ini adalah memiliki kemampuan untuk memutar kepala sampai 180 derajat, serta memiliki ukuran mata yang besar. Dari jenisnya Tarsius memiliki 9 jenis di seluruh dunia, 2 jenis di Filipina dan sisanya yaitu 7 terdapat di indonesia yaitu Sulawesi.

Jika anda tertarik untuk melihat primata terkecil yang imut tersebut silahkan traveling ke Sulawesi atau mengunjungi taman nasional Tangkoko di Sulawesi utara. [Karina Ayu Azalia – SisiDunia.com]