Home » Travel & Kuliner » Bandara Nepal Rusak, Hanya Pesawat Kecil Yang Boleh Mendarat

Bandara Nepal Rusak, Hanya Pesawat Kecil Yang Boleh Mendarat



Nepal – Bandara internasional Tribhuvan, Nepal mengalami kerusakan sehingga hanya pesawat dengan ukuran kecil saja yang boleh mendarat di bandara tersebut. Hal ini telah disampaikan oleh pejabat bandara tersebut kepada 26 maskapai internasional.

Bandara Nepal Rusak, Hanya Pesawat Kecil Yang Boleh Mendarat

Bandara Tribhuvan, Nepal [Source: TheAge.com.au]

Pihak bandara meminta kepada maskapai internasional untuk tidak menggunakan pesawat besar seperti Boeing 777s dan Airbus 330s ketika menuju bandara Tribhuvan. Ratish Chandra Lal Suman selaku Dirjen Bandara Tribhuvan mengatakan bahwa pesawat besar akan memberi beban yang besar bagi bandara dan bisa memperparah kerusakan landasan.

Seperti dikutip SisiDunia dari TheAge, Selasa (27/8/2013) pada landasan dengan panjang 3000 meter tersebut terdapat beberapa lubang kecil dan juga retakan, meski langsung dilakukan perbaikan namun beberapa penerbangan yang menduju bandara tersebut terpaksa dialihkan menuju Bandara Lucknow di India, juga bandara lain di Bangladesh.

Beberapa maskapai telah menerima peringatan untuk menggunakan pesawat kecil di antaranya adalah AirAsia, Etihad Airways, Qatar Airways, Thai Airways, dan Korean Air. Peringatan tersebut berlaku sampai proses perbaikan selesai dilakukan. [Muhammad Noval – SisiDunia.com]