Home » News » Presiden SBY : Inilah Faktor Peneybab Melemahnya Rupiah Terhadap Dolar AS

Presiden SBY : Inilah Faktor Peneybab Melemahnya Rupiah Terhadap Dolar AS



Jakarta โ€“ Dengan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), membuat Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) mulai angkat bicara. Bahkan untuk tahun ini memang tidak mudah bagi perekonomian Indonesia.

Presiden SBY Inilah Faktor Peneybab Melemahnya Rupiah Terhadap Dolar AS

Dalam konferensi pers, Rabu (21/8/2013), bertempat di Istana Negara, Presiden SBY mengungkapkan bahwa seperti yang pernah disampaikannya dalam pidatonya pada 16 Agustus kemarin, mengenai RAPBN 2014, memang untuk tahun ini ekonomi Indonesia dan juga Negara-negara lainnya di dunia sedang terpuruk.

Dengan didampingi oleh Wakil Presiden Boediono, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, dan juga Menteri Keuangan Chatib Basri, Presiden SBY tanggap atas situasi yang ada saat ini.

Tidak hanya tahun ini saja, karena diperkirakan tahun 2014 nanti, ekonomi Indonesia juga mendapatkan banyak tantangan. Sebagaimana situasi yang ada di Indonesia saat ini, nilai tukar rupiah melemah cukup signifikan terhadap dolar AS dan juga harga saham banyak yang turun. Semua itu dikarenakan ada 2 faktor penyebab, ungkap SBY.

Untuk yang pertama, kebijakan moneter yang diambil oleh AS sangat mempengaruhi perekomonian negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Bahkan sentiment negatif dari pasar global dan juga regional menyikapi kebijakan tersebut.

Sedangkan untuk faktor yang kedua datang dari sentiment negative dari dalam negeri. Dimana ekonomi dunia sedang menurun sehingga ekspor Indonesia mengalami penurunan. Di lain hal, impor barang untuk saat ini masih tetap tinggi, sehingga menyebabkan neraca perdagangan yang ada di Indonesia menjadi defisit.

Selain itu kondisi neraca pembayaran juga tidak baik. Salah satu penyebabnya adalah adanya kekhawatiran jika pertumbuhan ekonomi Indonesia menurun tajam. Kedua faktor inilah yang menurut SBY menyebabkan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS. Namun untuk saat ini pihaknya masih akan mencari solusi pemecahan atas permasalahan ini, ungkap SBY. (Rindi Ayunda SisiDunia.Com)