Home » News » 1.000 Ton Bahan Kimia Untuk Membuat Bom Disita di Quetta Pakistan

1.000 Ton Bahan Kimia Untuk Membuat Bom Disita di Quetta Pakistan



Islamabad โ€“ Sebanyak 1.000 ton material kimia pembuat bom berhasil disita oleh pihak keamanan Pakistan. Tidak hanya itu saja ada sekitar 10 orang yang terlibat dan diduga memiliki bahan kimia tersebut. Dimana penangkapan dan juga penyerbuan dari aparat keamanan terjadi di Quetta.

1.000 Ton Bahan Kimia Disita di Quetta Pakistan

(Sumber Foto Orange)

Seperti yang dikutip dari BBC, Rabu (21/8/2013), Juru Bicara Militer Pakistan Kolonel Maqbool Shah, mengungkapkan bahwa sepertinya bahan-bahan kimia yang telah ditemukan dipastikan sebagai bahan material untuk pembuatan bom.

Bahkan dalam insiden tersebut ada sebanyak 120 orang yang tewas, ungkap Shah. Sedangkan kota Quetta yang ada di Provinsi Balochistan, memang sudah lama dihuni oleh kegiatan militant Taliban. Terkait penggerebekan gudang penyimpanan bahan-bahan kimia ini adalah upaya tindak lanjut dari penangkapan dua orang sopir truk yang diketahui telah membawa seberat lima belas ton bahan kimia berupa potassium.

Dari keterangan sopir tersebut didapatkan informasi bahwa bahan kimia berbahaya ini telah diracik di kota Quetta. Bahkan pada saat penangkapan ada sekitar 80 drum yang sudah siap untuk kemudian diledakkan.

Hal ini terlihat dari pemasangan detonator yang ada di drum tersebut. Dengan berhasilnya pembongkaran bahan kimia ini, Kolonel Shah mengaku cukup bersyukur karena kota Quetta terutama untuk Propinsi Balochistan telah aman dari ancaman insiden yang cukup besar. Sayangnya dari hasil penangkapan ini, belum diketahui siapa kelompok yang memiliki bom dan juga bahan kimia ini. (Maria Ulfa- SisiDunia.Com)