Home » Otomotif » Tesla Ingin Mobil Tanpa Kaca Spion ?

Tesla Ingin Mobil Tanpa Kaca Spion ?



California โ€“ Para produsen otomotif memang saling berlomba memberikan teknologi yang paling canggih untuk mobil keluarannya. Namun sayangnya dari sekian banyak evolusi yang ada saat ini masih menjadi tantangan terbesar adalah menggantikan kaca spion dengan menggunakan kamera video.

Tesla Ingin Mobil Tanpa Kaca Spion

Tesla Model X

Salah satu alasan yang mendasarinya adalah desain mobil akan menjadi lebih indah tanpa adanya spion. Selain itu angka koefisien drag menjadi lebih rendah dan juga irit bahan bakar. Tantangan yang lainnya adalah sampai saat ini belum ada regulasi yang memperbolehkan sebuah kendaraan berpenumpang dengan tidak ada kaca spionnya.

Namun Tesla sebagai pabrikan mobil listrik yang berasal dari Amerika Serikat (AS) ini sangat tertantang untuk dapat memberikan solusi. Hal ini terlihat dari konsep mobil milik Tesla yaitu Model X dimana hadir tanpa adanya kaca konvensional. Namun untuk versi produksinya Tesla masih akan memunculkannya. Hal ini disebabkan karena standarisasi yang dikeluarkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mewajibkan adanya kaca spion.

Seperti yang dilansir dari Automotive News, Jumat (16/8/2013), memang untuk saat ini pihak Tesla masih aktif untuk dapat melobi pihak NHTSA. Karena keputusan menggunakan kamera rencananya akan diundur hingga tahun 2015.

Dengan demikian masih ada banyak waktu bagi Tesla untuk memberikan beberapa alasan yang kuat kepada pihak NHTSA. Memang ide yan dilontarkan oleh Tesla ini banyak menuai cibiran. Karena tentunya hal ini dapat mengubah rakitan mobil walaupun saat ini masih dalam jumlah yang sedikit. Namun ternyat hal yang sama juga dilakukan oleh pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen.

Dimana pihak Volkswagen, kabarnya saat ini sedang terus mendesak pihak pemerintahan untuk segera memberikan lampu hijau atas kamera video yang nantinya akan disematkan pada mobil super efisien milik Volkswagen yaitu XL1. (Samsul Arifin – SisiDunia.Com)