Home » News » Pasukan AS Akan Selalu Disiapkan di Afghanistan

Pasukan AS Akan Selalu Disiapkan di Afghanistan



Washington โ€“ Sampai pada tahun 2014 nanti, pihak Amerika Serikat (AS) dan juga sekutunya akan menugaskan sejumlah pasukannya untuk berjaga di Afghanistan. Kabar ini dinyatakan oleh Komandan tertinngi NATO atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara James Stavridis yang diumumkan pada Kamis lalu.

Pasukan AS Akan Selalu Disiapkan di Afghanistan

Ilustrasi

Komandan Tertinggi NATO yang baru saja menjabat selama empat tahun ini mengungkapkan bahwa tentara keamanan memiliki peranan yang penting untuk mengungkap dan melakukan penyerangan terhadap berbagai propaganda yang berasal dari kelompok Taliban.

Seperti yang dilansir The Penisula, Jumat (16/8/2013), hal yang mengejutkan dinyatakan oleh Taliban bahwa pihak Taliban memiliki keinginan agar pasukan AS dan sekutu segera meninggalkan Afghanistan. Tetapi pernyataan dari komandan tertingi NATO mengatakan akan menempatkan sekitar 15 ribu pasukan AS dan Sekutunya di Afghasintan sebelum ditarik mundur pada tahun 2014 nanti.

Untuk memberikan pertahanan yang kuat di daerah Afganistan, Starvridis mengungkapkan bahwa nantinya ada sekitar 9.000 tentara AS dan sekitar 6.000 tentara sekutu. Dimana tugas mereka adalah untuk mengawasi, melatih dan membimbing sekitar 350 ribu anggota keamanan dari Afghanistan.

Sebagai informasi bahwa untuk saat ini sudah ada sekitar 100 ribu pasukan yang ditempatkan di Afghanistan yang berada dibawah kendali dari Koalisi NATO. Dimana pasukan ini sekitar sepertiganya berasal dari AS. Namun untuk saat ini pihak tentara AS berharap agar kekuatannya yang ada di Afghanistan untuk dikurangi hanya berkisar di 8.000 hingga 12.000 pasukan. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)