Home » News » Topan Utor Melumpuhkan Filipina

Topan Utor Melumpuhkan Filipina



Manila โ€“ Topan Utor yang menerjang Filipina mengakibatkan korban tewas menjadi tujuh orang. Data ini resmi dirilis oleh the National Disaster Risk Reduction and Management Council (NDRRMC), pada Kamis 15 Agustus 2013. Daerah paling parah yang terkena dampak paling parah dari Topan Utor ini adalah di Propinsi Benguet, Isabela, Nueva Vizcaya, Aurora, Quezon, dan juga Cebu.

Topan Utor Melumpuhkan Filipina

(Foto: AFP)

Untuk saat ini para regu penyelemat masih mencari lima orang yang hilang selain tujuh orang yang telah ditemukan tewas, demikian dikabarkan oleh kantor berita resmi dari Filipina. Atas bencana topan ini jumlah kerugian yang dicapai oleh Filipina tidaklah sedikit.

Daerah Filipina Utara kerugian mencapai USD21,34 juta atau sekitar Rp 2,2 Miliar (Rp10.925 per USD). Dimana kerugian tersebut juga dialami di sektor petanian mencapai USD16,53 atau bernilai sebesar Rp1,7 miliar. Sedangkan sisa kerugian lainnya tentunya di bidang infrastruktur.

Tanah yang ada di Propinsi Aurora juga mengalami kerusakan, bahkan beberapa wilayah yang ada di Filipina juga dilaporkan tertimbun lumpur. Seperti yang dilansir dari Xinhua, Kamis (15/8/2013), bencana Topan Utor ini adalah topan yang paling ganas untuk tahun ini.

Sebagai informasi bahwa Topan Utor ini adalah topan ke-13 dari sekitar 20 topan yang selama 2013 ini menerjang Filipina. Memang sejak 12 Agustus lalu Topan Utor telah menerjang wilayah Filipina dengan kecepatan rata-rata mencapai 175 kilometer (km) per jam, bahkan dapat mencapai 210 km/jam. Pada saat kejadian transportasi yang ada di Filipina lumpuh baik itu transportasi darat, udara dan laut. Topan Utor ini tidak hanya menyerang Filipina saja, karena juga menerjang Hong Kong serta China. (Samsul Arifin – SisiDunia.Com)