Home » News » Rami Hamdallah Ditunjuk Kembali Sebagai PM Palestina

Rami Hamdallah Ditunjuk Kembali Sebagai PM Palestina



Ramallah โ€“ Jabatan Perdana Menteri Palestina kini kembali dipegang oleh Rami Hamdallah. Memang sebelumnya jabatan tersebut masih diamanahkan kepada Hamdallah di bulan Juni. Sebelum pada akhirnya ia mengundurkan diri dua minggu kemudian.

Rami Hamdallah Ditunjuk Kembali Sebagai PM Palestina

Rami Hamdallah

Alasan mundur Hamdallah dikarenakan ia berselisih pendapat dengan Presiden Mahmoud Abbas. Karena ia merasa bahwa selama ini wewenangnya banyak yang telah dicampuri oleh pihak luar. Sehingga untuk saat ini sebagian pengamat politik mengaku bahwa sekarang ini wewenang Hamdallah memiliki kewenangan penuh.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Rabu (14/8/2013), dengan penunjukkan kembali Hamdallah sebagai PM telah disampaikan oleh oleh Nabil Abu Rdeineh, juru bicara Abbas. Bahkan disebutkan dalam lima tahun kedepan Hamdallah akan membentuk kabinet.

Untuk saat ini memang Abbas masih disibukkan dengan adanya proses perundingan damai dengan pihak Israel. Dengan penunjukkan kembali Hamdallah diharapkan dapat membawa kembali stabilitas pemerintahan yang ada di Palestina.

Sebagai informasi bahwa memang sejak 2007 adanya konflik yang terjadi diantara Fatah dan Hamas membuat Palestina tidak melakukan pemilu. Sehingga Palestina juga tidak memiliki Parlemen. Bahkan kondisi tersebut diperparah dengan adanya embargo yang datang pada tahun lalu dari Israel sehingga menyebabkan Palestina mengalami krisis ekonomi.

Disisi lain dengan ditunjuknya Hamdallah kembali, ditentang keras oleh Hamas yang selama ini berkuasa di Jalur Gaza. Dimana mereka menganggap bahwa penunjukkan langsung Hamdallah oleh Abbas dirasa sebagai langkah ilegal dan tidak memiliki legitimasi. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)